Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Lolos Program Belmawa DIKTI, 30 Mahasiswa UMP Berangkat ke Papua dan NTB

Dorong pembelajaran antar budaya, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kirim 30 mahasiswanya yang berasal dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGSD FKIP) ke Sorong, Papua barat. Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik UMP, Anjar Nugroho SAg, MSI, MHI, mahasiswa UMP berangkat ke Papua dalam rangka pertukaran mahasiswa yang difasilitasi oleh DIKTI. “Mereka adalah mahasiswa yang lolos seleksi mendapatkan program hibah dari Belmawa Dirjen DIKTI,” jelasnya. Jadi, mereka akan belajar di perguruan tinggi lain selama 1 bulan namun tetap mendapatkan bimbingan dari dosen perguruan tinggi asal secara daring (on line).  Selain itu, mereka juga akan mengajar di Sekolah Dasar (SD) binaan perguruan tinggi yang telah ditunjuk.

 

Anjar menerangkan dari 30 mahasiswa tersebut akan dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-maisng kelompok terdiri dari 15 mahasiswa yang akan dipecah ke 2 perguruan tinggi berbeda yaitu STKIP Sorong Papua dan STKIP Hamzanwahdi Selong, Nusa Tenggara Barat. Mereka dilepas oleh UMP tepat ketika peringatan hari pahlawan, pekan lalu.

 

Anjar berharap mereka bisa mendapatkan pengalaman ke-Indonesia-an yang lebih luas, khususnya tentang adat istiadat, kebudayaan dan keyakinan dalam wawasan bhineka tunggal ika. “Manfaat dengan baik kesempatan ini, tingkatkan wawasan kebangsaan Indonesia kalian dan jaga nama baik almamater,“ pesan Anjar. Selain melepas mahasiswa, UMP juga menerima sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi yang sama. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239