Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

WR 1 UMP Pastikan HW Menjadi Gerakan Wajib Di Sekolah Muhammadiyah

Sabtu, (5/11) Terpilihnya Anjar Nugroho, SAg, MSI, MHI Wakil Rektor Bidang Akademik,  Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai Ketua Umum Hizbul Wathan Jawa Tengah periode 2016-2020 membawa angin segar bagi kemajuan organisasi kepanduan ini. Usai tampuk pimpinan dipegang, Anjar langsung melantik jajaran terkait, up grading dan adakan rapat kerja pimpinan kwarwil gerakan kepanduan HW kwartil Jawa Tengah periode muktamar 2016-2020.  

 

Acara yang diadakan di aula fakultas teknik UMP ini dihadiri oleh segenap Pimpinan Kwartir wilayah Jawa Tengah, dewan sughil wilayah, pengurus harian kwarda se-Jawa Tengah, Majelis dikdasmen PDM se-Jawa Tengah, pengurus IGASI (Ikatan Guru Aisiyah Jawa Tengah) dan Ketua Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Jawa Tengah Drs. H. Tafsir, MAg.Tercatat, peserta mencapi lebih dari 300 orang.

 

Anjar mengungkapkan, perjalanan HW pernah terhenti di tahun 1960. Kondisinya ketika itu, seluruh organisasi kepanduan harus melebur ke dalam Pramuka, sehingga perjalanan sejarah kepanduan HW menjadi terhenti. Seiring waktu, keinginan menghidupkan kembali gerakan HW sering menjadi wacana di kalangan Muhammadiyah. Akhirnya pada sidang Tanwir Muhammadiyah di Bandung pada tahun 2000, diputuskan bahwa gerakan kepanduan HW berdiri sebagai organisasi otonom di lingkungan Muhammadiyah.  Anjar berharap ke depannya HW dapat lebih berkembang pesat.

 

Ir. H. Aman Suyadi, MP, Wakil Rektor (WR) III Bidang Kemahasiswaan UMP , meyakinkan bahwa dengan terpilihnya WR I Bidang Akademik UMP Anjar Nugroho, SAg, MSI. MHI menjadi Ketua Umum Kwarwil Jawa Tengah, kepanduan HW yang akan datang lebih eksis di masyarakat. Ia juga berharap nantinya seluruh sekolah Muhammadiyah wajib menggunakan seragam HW seminggu sekali.

 

Lebih lanjut, Aman mengatakan, di UMP dapat menjadi pusat pelatihan HW bagi guru atau pendamping kepanduan HW di sekolah masing-masing, “Bentuk pelatihan nanti dimasukkan dalam program Jaya Melati 1 dan 2. Ini merupakan cara yang tepat mengembangkan HW di UMP serta sekolah-sekolah di Banyumas dan sekitarnya,” katanya.

 

Sementara itu, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, memastikan gerakan kepanduan ini dapat meningkatkan kompetensi pendidikan angkatan muda putraputri Muhammadiyah yang sesuai ajaran Islam. Ia ingin semua peserta yang akan dilantik dapat mengambil manfaat bisa didarmabaktikan untuk kemajuan dan penanaman nilai karakter bangsa. Rektor juga mengapresiasi terpilihnya Anjar Nugroho sebagai Kteua Umum HW Jateng. Menurutnya, hal ini bukan hanya akan membawa kebaikan bagi HW Jateng tetapi juga UMP.

 

Total ada 17 orang yang dilantik sebagai pimpinan Kwartir Wilayah (Kwarwil) Jawa Tengah periode 2016-2021. Sebelum pelantikan, juga diadakan sosialisasi HW pada Kepala Sekolah Muhammadiyah Se-Banyumas di auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP. hal ini dimaksudkan Anjar agar ada pemahaman bersama antar civitas Muhammadiyah mengenai pentingnya HW yang harus menjadi pilihan utama kegiatan kepanduan di sekolah Muhammadiyah. Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan rapat kerja Kwarwil Jawa Tengah dan festival gerakan Kepanduan HW Kwartir Daerah Banyumas.(Ulv/Pra)

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239