Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

WR I: “Targetkan Salah Satu Prodi di FAI Terakreditasi A”

Jelang visitasi fakultas, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP), adakan monitoring dan evaluasi (Monev) di ruang sidang kantor pusat, (30/10). Dengan mendatangkan Dr. Hasyim Muhammad, M.Ag, sekretaris Kopertais wilayah X Wilayah Jawa Tengah. Monev ini ditujukan bagi dosen FAI dan Biro untuk mengkur kualitas terkait penilain akreditasi.

 

Wakil Rektor Bidang Akademik Anjar Nugroho, SAg, MSI, menerangkan, Dikti sudah memetakan bahwa perguruan tinggi yang memiliki potensi terakreditasi A salah satunya adalah UMP. Hal tersebut, kata Anjar, harus direspon dengan sigap oleh UMP, termasuk juga fakultas-fakultasnya. Apalagi pemetaan dikti ini juga berbanding dengan target UMP yang sudah mencanangkan akreditasi instutusi A di tahun 2019.

 

Oleh karena itu, Universitas sangat mengapresiasi kesigapan fakultas untuk lebih mempersiapkan diri seperti yang dilakukan oleh FAI. “Tidak mantap rasanya jika akreditasi Institusinya A tapi prodi di FAI belum A. Oleh karena itu, paling tidak salah satu prodi di FAI terakreditasi A,” terangnya. Anjar ingin, FAI UMP sebagai nafas dari perguruan tinggi Islam harus menjadi corong utama dibandingkan fakultas lainnya.

 

Terpisah, Hasyim, mendorong agar perguruan tinggi Islam dapat lebih menghidupkan FAInya. “Saya masih melihat ada perguruan tinggi agama yang belum begitu mapan, juga ada yang kurang begitu sehat. Ini harus disikapi dengan baik,” tururnya. Hasyim ingin  melalui UMP, tim Kopertais mendapat gambaran tentang bagaimana perguruan tinggi swasta di Jawa Tengah ini bisa berkembang lebih baik dimasa yang akan datang. Hasim, menilai perkembangan UMP sangat signifikan di wilayah jawa tengah. “Mereka (perguruan tinggi lain) perlu belajar pada perguruan tinggi yang sudah mapan seperti UMP,” terangnya.

 

Dekan FAI,  H. Ibnu Hasan, SAg, MSI, memastikan, FAI UMP senantais membenahi dirinya untuk menjadi lebih baik lagi. Sebagi salah satu fakulats tertua di UMP, FAI UMP akan merespoin aktif target universita yang mencanagkan akrediats A di tahun 2019. Menurut Ibnu, FAI UMP memiliki potensi yang besar untuk mendukung cita-cita UMP tersebut. Ibun mencontohkan, Junal dan karya ilmiah di FAI UMP sedang terus dioptimalkan. “bahkan kemarin sudah ada satu karya ilmiah dosen yang lolos Kopertais,” kata Ibnu. Selain jurnal, Ibnu juga mencontohkan tentang iklim internasionalisasi yang ada di FAI UMP. Sudah tiga tahun ini FAI mempunyai mahasiswa asing dari Thailad. FAI juga melakukan MOU dengan beberapa lembaga pendidikan di Thailad dan Kamboja. “Mereka sudah mempersilahkan mahasiswa UMP melakukan KKN disana. Terutama untuk pendidikan, mereka diizinkan mengajar disana dan biayanya pun bersinergi dengan lembaga disana,”  jelasnya.

 

Tebaru, FAI UMP sedang follow Up forum karya ilmiah. “Kami sudah dua kali melalukan seminar disana dan tahun depan kami akan melakukan seminar di Kamboja” jelasnya. Dari aspek kurikulum, FAI, memakai Kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). “Disini FAI ambil peran ikut menyusun dan sudah berjalan 90%. Dan tahun depan sudah full menerapkan KKNI. Tapi kita tetap memakai rambu-rambu yang diterapkan oleh kementrian agama,” terang Ibnu. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239