Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Apresiasi Pelayanan Prima Kantor Imigrasi Cilacap

Purwokerto, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) makin maju, bukan hanya dari penambahan jumlah mahasiswa tetapi juga keragamannya. Hampir tiap tahun UMP menerima mahasiswa asing dari berbagai negara, khususnya Thailand dan Korea Selatan.  Tercatat sampai dengan saat ini ada 24 mahasiswa asal Thailand dan 2 Korea Selatan. Terbaru, di tahun akademik 2016-2017, 7 mahasiswa baru asal Thailand kembali menempuh studi di UMP. Selain itu, UMP juga rutin menerima mahasiswa asing program internship, seperti dari Belanda, Amerika, New Zealand, Italia dan Maroko.

 

Wakil Rektor Bidang Pengembangan, Kerjasama dan AIK UMP, Dr. Ns. Jebul Suroso, M.Kep, mengatakan, bagi UMP yang tiap tahunnya hampir rutin menerima mahasiswa asing, itu merupakan amanah. UMP sendiri memberikan perhatian ekstra pada mereka baik yang sifatnya kebutuhan pribadi, studi dan administrasi ijin tinggal dan belajar. “UMP senantiasa membantu mereka untuk hal-hal yang terkait dengan urusan di luar studi. Kami ingin mereka fokus studi,” katanya.  Hal inilah yang dijelaskan Jebul, pentingnya jalinan hubungan baik antara UMP dengan instansi pemerintahan. Salah satunya adalah dengan Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Cilcacap, Kantor Wilayah Jawa Tengah, selaku kantor pemerintahan yang mengurus perihal keimigrasian Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing (WNA).

 

Jalinan kerjasama UMP dengan Kantor Imigrasi Cilacap semakin intensif dengan meningkatnya jumlah mahasiswa asing yang belajar di UMP. Dari hubungan itu, UMP telah merasakan layanan yang prima dari Kantor Imigrasi Cilacap. Cerita menarik disampaikan oleh mahasiswa Thailand yang telah menyelesaikan masa studi di UMP. Selama mereka menjalani masa kuliah di UMP, semua dokumen keimigrasian yang perlu untuk dilaporkan dapat diurus dengan mudah dan cepat di Kanim Kelas II Cilacap. Beberapa hal terkait persyaratan administratif mereka rasakan dengan mudah, jelas, tepat waktu, biaya resmi sesuai standar dari Direktorat Jenderal Imigrasi Pusat dan optimalnya pelayanan yang sesuai dengan SOP. Tidak hanya itu, mereka juga merasa nyaman dengan tempat yang representatif dan keramahan petugas yang mengurus dokumen keimigrasian.

 

Iswandee Sa-e, salah satu mahasiswa Thailand UMP angkatan 2012, yang belum lama ini mengurus EPO di Kanim Kelas II Cilacap mengatakan, Customer Service dan petugas telah melayaninya dengan ramah membuatnya tidak menemui kendala selama mengurus dokumen tersebut. Dan menurutnya, hal yang patut menjadi contoh adalah tidak adanya PUNGLI (Pungutan Liar) yang diminta oleh petugas imigrasi Cilacap. Meski tanpa didampingi staf dari UMP, ia merasa senang dan tenang ketika mengurus dokumen secara mandiri. Jebul Suroso mengapresiasi pelayanan yang telah diberikan oleh Kantor Imigrasi Cilacap. “Pelayanan prima selalu memberikan kesan positif di masyarakat. Hal itu akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap instansi tersebut. Implikasinya, terbentuknya citra positif instansi,” katanya. (Nov/Pra)

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239