Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Jalin Silaturahmi Dengan Wali Mahasiswa Baru

Jalin komunikasi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto adakan pertemuan wali mahasiswa baru di auditorium Ukhuwah Islamiyah, Sabtu (22/10). Selain silaturahmi, pertemuan ini diadakan juga untuk menjalin koordinasi bersama dengan wali mahasiswa berkaitan dengan perkembangan aktifitas dan prestasi mahasiswa. Sebagai penyelenggara pendidikan, UMP memandang penting keberadaan forum ini. Menurut rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, jalinan komunikasi seperti ini dapat menjembatani kepentingan kampus dan aspirasi orang tua.

 

Di hadapan lebih dari 2600 wali mahasiswa, rektor menjelaskan, UMP memiliki sejumlah target pada mahasiswanya. Salah satunya tentang ketepatan waktu studi. Rencananya, masa studi mahasiswa D3 UMP harus bisa tidak lebih dari 2 tahun 11 bulan, sedangkan S1 tidak lebih dari 3 tahun 11 bulan. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa UMP tepat waktu dan lebih cepat terjun ke dunia kerja.

 

Namun, rektor memastikan, meski mendorong mahasiswanya lulus tepat waktu bukan berarti UMP mengesampingkan aspek lainnya. Selain belajar, mahasiswa UMP juga didorong aktif mengisi waktu luangnya dengan kegiatan kemahasiswaan yang positif. Mahasiswa diarahkan agar dapat ukir prestasi di bidang penalaran, seni dan olahraga. “Banyak prestasi yang telah diraih mahasiswa kita di bidang olahraga, kesenian dan kegiatan lain, mulai dari level lokal, regional, nasional bahkan internasional,” tuturnya.

 

Dalam pertemuan ini rektor juga menceritakan pada wali mahasiswa bahwa UMP senantiasa mempersiapkan diri lebih maju. Selain dari iklim akademik, hal tersebut bisa dilihat dari gedung perkuliahannya. Terbaru, untuk melengkapi fasilitas yang ada, UMP sedang mempersiapkan pengembangan gedung perkuliahan di kampus 2, fakultas ilmu kesehatan (FIKES). Adanya peningkatan jumlah mahasiswa yang berjalan seiring dengan pengembangan prodi, mulai dari DIII Kebidanan dan keperawatan, S1 keperawatan, program ners dan teknologi analisis kesehatan yang baru saja dibuka, pembangunan gedung menjadi hal yang mendesak untuk dilakukan. Geliat kemajuan juga bisa terlihat di kampus 1, untuk mengakomodir peningkatkan jumlah mahasiswanya, UMP  sedang membangun gedung fakultas psikologi dan pertanian yang rencananya akan memiliki 7 lantai.

 

Senada dengan rektor, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Drs. Joko Purwanto, MSi mengatakan, UMP akan selalu mengikuti perkembangan zaman. Artinya, UMP akan selalu melengkapi dirinya dengan fasilitas yang baik. misalnya, kata Joko, UMP termasuk salah satu dari 5 universitas yang memiliki alat laboratorium terbaik di Indonesia. Dari segi penganggaran pun UMP menyediakan angka yang cukup fantastis. “Kami sediakan 7 miliar untuk membeli alat penelitian bagi dosen, 200 komputer dengan nominal 2 miliar untuk keperluan kedokteran, farmasi dan kesehatan,” jelasnya. Juga tidak kalah pentingnya soal akreditasi, 31 program studi di UMP sudah terakreditasi B. Hanya tinggal 2 prodi yg masih terakreditasi C. Targetnya,di tahun 2019 nanti institusi sudah terakreditasi A dan mempunyai beberapa program studi yang sudah terakreditasi A.

 

Terpisah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UMP, Ir. H. Aman Suyadi, M.P lebih meniktikberatkan paparannya pada beberapa aspek yang diupayakan bidang 3 dalam rangka mencetak generasi unggul modern dan Islami.  Aman menjelaskan, UMP tidak hanya mendorong mahasiswa lulus tepat waktu tetapi juga membekalinya dengan kompetensi soft skill dan hard skill.

 

Aman meyakinkan, bidang yang dibawahinya sudah memiliki standar untuk mewujudkan hal tersebut, mulai dari bimbingan konseling, minat bakat penalaran dan yang berprestasi, pembinaan softskill, beasiswa dan kesehatan. Layanan tersebut senantiasa dioptimalkan untuk mahasiswa. Selain itu untuk memberikan wadah ke-Islaman, bidang kemahasiswaan dan alumni juga memiliki sejumlah program seperti kegiatan mentoring selama 1 tahun, studi keislaman, baca tulis Quran dan keberadaan ustad yang siap membimbing mahasiswa.

 

Intinya, Aman mendorong semua mahasiswa UMP agar dapat memanfaatkan layanan yang ada sebaik mungkin. “Kita memiliki sejumlah lembaga yang akan membantu mahasiswa agar dapat berprestasi dan lulus tepat waktu sebagai sarjana paripurna,” tandasnya. Tidak ketinggalan juga soal kesejahteraan, Aman memastikan untuk mahasiswa berprestasi yang kesulitan biaya pendidikan akan sepenuhnya ditanggung oleh UMP. “Bapak ibu tepat memilih UMP. Kami memiliki sistem mumpuni yang mampu mencetak generasi unggul, modern dan Islami. Kami telah menjadi kampus terbaik se-Indonesia sebagai kampus bebas narkoba,“ katanya. Lebih lanjut, Aman mengajak wali mahasiswa agar senantiasa menjalin komunikasi dengan kampus. Menurutnya, komunikasi yang intensif dapat memudahkan kontrol antara kedua pihak untuk menyukseskan program pendidikan yang  ada. (Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239