Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Ribuan Peserta Ikuti Semnas Keguruan di FKIP UMP!

Kaji aspek profesionalitas guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bekerja sama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Banyumas adakan seminar nasional bertajuk “Tantangan Profesional Guru Dan Uji Kompetensi Guru”, kemarin, sabtu (15/10). Seminar ini berhasil menarik animo masyarakat cukup besar, tercatat lebih dari 1000 peserta yang terdiri dari guru TK sampai SMA se-kabupaten Banyumas memadati auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP.

 

Dekan FKIP UMP, Drs. H. Pudiono, M.Hum mengatakan, pelaksanaan ini sekaligus juga untuk memeringati ulang tahun PGRI yang ke-71. Pudiono memastikan FKIP UMP memiliki perhatian besar terhadap perkembangan dunia pendidikan nasional, terutama tentang profesionalitas guru. Senada dengan Pudiono, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH meyakinkan dalam rangka pengembangan pendidikan bangsa, banyak aspek yang harus diperhatikan oleh guru agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Oleh karena itu, UMP sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mencetak calon guru akan selalu mengantisipasi berbagai hal yang bisa menjadi hambatan terbentuknya profesionalitas dan kompetensi guru. “UMP akan senantiasa ambil peran aktif bagi perkembangan dunia pendidikan. Calon guru yang dihasilkan UMP merupakan generasi unggul, modern dan Islami. Mereka kami persiapkan untuk menjawab kebutuhan dan tantangan guru masa depan,” pungkasnya.

  

Terpisah, Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein menuturkan, jika guru tidak profesional maka kemajuan bangsa ini tidak akan berhasil. Menurut Husein, objek dari proses belajar mengajar bukan hanya siswa tetapi semua sistem secara keseluruhan, khususnya guru. “Tugas guru adalah memberikan ilmu, rasa, serta tanggung jawab untuk membekali pondasi bangsa ini. Oleh karena itu, jadilah guru yang profesional,” pesannya.

 

Seminar ini juga dihadiri oleh Ketua PGRI Banyumas, Drs. Takdir Widagdo, S.H, M.Si. Dalam sambutannya, Takdir ingin membangkitkan kesadaran guru secara menyeluruh guna meningkatkan mutu pendidikan. Kata Takdir, agar pembinaan guru lebih terarah sebagaimana yang dijelaskan Undang Undang Dasar 1945, maka kegiatan yang membantu guru menjadi tenaga profesional, seperti seminar nasional, perlu diadakan secara berkesinambungan. Takdir mengapresiasi UMP yang telah mengadakan seminar ini.

 

Ada 2 narasumber dalam seminar ini yaitu Prof. Dr. Tukiran Taniredja, M.M (Guru besar UMP) dan Drs. Purwadi Santoso, M. Hum (Kepala Dinas Pendidikan Banyumas). Dalam paparannya, Tukiran menitikberatkan pada aspek-aspek yang mendorong terwujudnya pengembangan guru profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Sedangkan Purwadi lebih menekankan pada arah pembinaan yang tepat guna terciptanya profesionalitas guru. (Zyn/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239