Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Program PLPG, Rektor: “Tekuni dan Ambil Pelajarannya”

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) resmi selenggarakan kembali program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), kemarin (12/10). Total keseluruhan peserta Profesi guru pada tahun ini berjumlah 1114. Dengan klasifikasi Guru TK berjumlah 114, Sekolah Dasar 855, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 28, Bahasa Indonesia 23, Bahasa Inggris 56, serta Matematika 38. Peserta berasal dari sepuluh Kabupaten/Kota, yaitu Kabupaten Banjarnegara, Banyumas, Brebes, Cilacap, Pemalang, Purbalingga, Tegal, Wonosobo, Kota Salatiga, dan Kota Tegal.

 

 

Ketua Panitia Pelaksana Pembukaan PLPG, Dr. H. Tanto Sukardi, M. Hum, mengatakan sebagai tenaga profesional, guru diharapkan meningkatkan martabat dan peran guru sebagai agen pembelajaran dan berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional. Kata Tanto, sertifikasi guru sebagai upaya peningkatan mutu guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan.

 

“Sebagai tenaga pengajar professional, guru berkewajiban mengikuti PLPG agar dapat meningkatkan kualitas mengajar sebagai agen perubahan serta meningkatkan mutu pendidikan nasional. Oleh karenanya, ini merupakan kesempatan yang sangat baik bapak dan ibu guru untuk menjadi tenaga pengajar profesional,” kata Tanto.

 

 

Profesi guru merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Ini merupakan tahun kesembilan FKIP UMP menjalankan program tersebut, dimulai sejak 2007 silam. Pembenahan proses penyelenggaraan sertifikasi guru terus dilakukan UMP dari tahun ke tahun agar mendapatkan hasil optimal. Sesuai rencana, tahun ini PLPG akan diselengarakan dalam beberapa tahap. Pada fase pertama sebanyak 390 guru mengikuti program sertifikasi guru dalam jabatan sub rayon 140 UMP selama 11 hari kedepan.

 

 

Sementara itu, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, SH., MH berharap, peserta mengambil pelajaran-pelajaran yang berarti selama mengikuti PLPG. Langkah-langkah yang telah disiapkan panitia agar diikuti secara baik agar pelaksanaan PLPG dapat berjalan lancar, “Kami harapkan peserta PLPG mendapatkan kemudahan dalam menjalani pelatihan, agar semuanya dapat lulus dengan mudah dan mendapatkan kompetensi lebih pada program pelatihan ini,” tutupnya. (Zyn)

 

Editor  : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239