Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Prodi Kebidanan UMP Bahas Manfaat Obat Herbal Bagi Ibu Hamil

Tingginya minat masyarakat terhadap penggunaan obat herbal mendorong program studi kebidanan D3 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FIKES UMP) adakan pembekalan kode etik bidan dan kuliah pakar bertajuk “Kode Etik dan Pengembangan manajemen Kinerja (PMK) Kebidanan, Herbal dan Keluahan Fisiologis dalam Kehamilan,” Jumat (7/10). Ini merupakan rangkaian acara prodi kebidanan D3 setelah sebelumnya mengadakan uji kompetensi calon bidan dan angkat sumpah profesi bidan.

 

 

 

Ketua Program Studi Kebidanan D3, Wilis Dwi Pangesti, SSiT, MKeb menerangkan, semakin maraknya penggunaan obat herbal di masyarakat mendorong prodi kebidanan untuk mengupas lebih jauh tentangnya.  Wilis memahami, penggunaan obat herbal juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan ibu hamil. “Maka agar tercapai tujuan penggunaan obat herbal yang efektif dan aman bagi pasien, komunikasi antara tenaga kesehatan dengan pasien memegang peran penting, “ katanya.  Melalui kuliah pakar ini Wilis berharap prodi kebidanan dapat memberikan informasi lebih jauh tentang penggunaan obat herbal dalam keluhan fisiologis kebidanan.

 

Senada dengan Wilis, Rektor UMP, Dr.H. Syamsuhadi Irsyad, MH mengatakan, pengetahuan herbal dan keluhan fisiolaogi dalam kehamilan sangatlah penting bagi di dalam dunia kebidanan. “Bangsa kita masih tertinggal dalam hal pengetahuan tentang herbal,” tuturnya. Rektor berharap setelah mengikuti kuliah pakar ini mahasiswa bisa meningkatkan diri menjadi lebih baik lagi, sehingga memberikan kemajuan bagi dunia kesehatan Indonesia.

 

 

Kuliah pakar ini berhasil menarik antusiasme mahasiswa sangat besar. Tercatat hampir mencapai 200 orang peserta ikut serta mendengarkan paparan 2 narasumber nasional yaitu Dr. Indra Supraderwi, S.KM, M.KM (pengurus pusat Ikatan Bidan Indonesia) dan Prof. Dr. dr. M. Nurhalim Shahib, M.S (Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran Bandung). Indra memaparkan materi tentang bagaimana pelayanan bidan yang baik agar dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Sedangkan Nurhalim lebih menekankan paparannya pada molekular herbal genomik dan pengembangannya dalam Bidang Medik. Keduanya mendapatkan apresiasi cukup besar dari peserta, ini terlihat dari banyaknya peserta yang aktif melontarkan pertanyaan. (Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239