Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Angkat Sumpah Profesi : Calon Bidan UMP Prioritaskan Kode Etik!

Sebanyak 58 mahasiswi diploma 3 dari program studi kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FIKES UMP) ikuti proses angkat supah profesi ke 7 di aula AK. Anshori, Senin (3/10).  Dekan Fikes Drs. H. Ikhsan Muhajid, M.Si mengatakan, bidan adalah profesi mulia, oleh karenanya dalam menjalankan tugas harus mampu mengaplikasikan teorinya dengan baik sesuai kode etik. “Kami berharap bidan yang sudah disumpah nantinya dapat berperan langsung untuk menekan kematian ibu dan anak, khususnya di wilayah Jawa Tengah,” katanya.

 

Ikhsan menjelaskan bahwa UMP sudah merencanakan akan membuka program studi kebidanan jenjang S1. UMP sudah memenuhi persyaratan yang ada tinggal menunggu rekomendasi dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Ikhsan menerangkan ada 3 syarat untuk peningkatan jenjang S1 kebidanan yaitu sudah terkareditasi B, memiliki Fakulats Kedokteran (FK) yang terakreditasi B dan bila FK belum terakreditasi B, universitas boleh melakukan kerjasama denagn universitas yang memiliki FK terakreditasi B. Ikhsan meyakinkan, UMP telah mempersiapkan diri dengan matang dan siap maju bersama dalam mencetak tenaga kesehatan yang unggul, modern dan Islami. “Saat ini FK UMP sedang proses verifikasi akreditasi, untuk memenuhi persyaratan tersebut UMP sudah bekerjasama dengan Universitas Sebelas Maret yang terakreditasi A,” jelasnya.

 

Terpisah, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH memastikan lulusan kebidanan UMP merupakan lulusan bidan yang Islami. Hal tersebut dapat terlihat pada pola pembelajaran mahasiswa yang diarahkan sesuai syariat Islam. “Ini yang menjadi landasan utama kami. Sesuai dengan tujuan universitas yang unggul, modern dan Islami,” tuturnya. Rektor optimis dengan pemerolehan akreditasi B, ini akan mempermudah perkembangan prodi kebidanan untuk memperoleh akreditasi A.

 

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Banyumas Puji Astuti, A. Md. Keb juga memberikan pesan pada calon lulusan. Ia ingin lulusan UMP dapat selalu mengedepankan kode etik dalam setiap tugasnya. Hal ini penting karena akan mencerminkan nama baik pribadi, almamater dan institusi. Sebelumnya, untuk dapat mengikuti prosesi angkat sumpah, semua calon bidan sudah harus lulus dalam Uji Kompetensi Nasional Bidan (UKOM). Ujian ini merupakan salah satu syarat bidan memperoleh Surat Izin Kerja Bidan (SIKB) dan Surat Izin Praktek Bidan (SIPB).

 

 

Ketua Program Studi Kebidanan D3, Wilis Dwi Pangesti, SSiT, MKeb menjelaskan bahwa UKOM merupakan salah satu kegiatan pra angkat sumpah profesi yang tujuannya untuk memperoleh dokumen berupa Surat Tanda Registrasi (STR). “Surat inilah yang menunjukkan bahwa calon bidang telah lulus uji kompetensi,” katanya. Hal yang juga menjadi keunggulan dari program studi kebidanan UMP adalah telah dipercaya sebagai penyelenggara UKOM melalui rekomendasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. “Kepercayaan tersebut adalah kehormatan bagi kami, ini akan menjadi nilai tambah bagi mahasiswa yang ingin menempuh studi di UMP,” tandasnya.  (Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239