Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

FIKES UMP Siapkan Kompetensi Calon Bidan

Jumat, (30/9). Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FIKES UMP) selenggarakan Uji Kompetensi Nasional Bidan (UKOM). Ujian ini merupakan salah satu syarat bidan memperoleh Surat Izin Kerja Bidan (SIKB) dan Surat Izin Praktek Bidan (SIPB). UKOM kali ini diikuti oleh 271 calon bidan dari 6 perguruan tinggi, termasuk UMP. UKOM merupakan salah satu kegiatan pra angkat sumpah profesi yang tujuannya untuk memperoleh dokumen berupa Surat Tanda Registrasi (STR). Surat inilah yang menunjukkan bahwa calon bidan telah lulus uji kompetensi.

 

 

 

Ketua Program Studi Kebidanan DIII,  Wilis Dwi Pangesti, SSiT. MKeb. menegatakan, beberapa kasus lulusan kebidanan cukup kesulitan untuk memperoleh STR, karena tidak semua perguruan tinggi bisa melaksanakan UKOM.  “Ini sebuah kehormatan bagi UMP dipercayakan untuk dapat melaksanakan UKOM yang memenuhi standar seperti, tata ruang ujian, lokasi ujian, kemanan dan lainnya,” katanya. Masih menurutnya, auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP ini memenuhi syarat untuk penyelenggaraan UKOM karena memiliki kapasitas ribuan orang. Atas dasar itulah, kebidanan UMP dipercaya menylenggarakan UKOM melalui rekomendasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (disingkat Kemenristekdikti RI). Selain itu juga, UKOM ini adalah salah satu upaya membantu lulusan DIII Kebidanan UMP mempunyai STR sehingga dapat membuka praktik kerja.

 

 

Terpisah, salah satu dosen FIKES UMP, Diah Atmarina Yuliani, S.Sit., M.Kes menerangkan, dalam proses UKOM tidak hanya lokasi yang diperhatikan, tetapi juga penekanan verifikasi data peserta. “Upaya ini untuk mencegah adanya calo STR yang marak terjadi,”tuturnya. Diah yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia meyakinkan bahwa kebidanan UMP selalu menekankan lulusannya dapat bekerja sesuai prosedur yang ditentukan, memenuhi standar kompetensi. (Ulv/Pra)

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239