Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Ratusan Siswa Bangun Motivasi di UMP

Sebanyak 251 siswa kelas XII SMA Negeri Patikraja ikuti program Achievement Motivation Training Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), dalam rangka membangun motivasi semangat belajar, kemarin (26/9). Pelatihan tersebut merupakan salah satu dharma bakti UMP terhadap dunia pedidikan. Kegiatan itu menjadi ajang memotivasi siswa dalam setiap proses pembelajaran dan ujian yang dihadapi.

 

 

Wakil Rektor Bidang kemahasiswaaan UMP, Ir. Aman Suyadi, M.P mengungkapkan motivasi bagi siswa sangat penting dalam menghadapi setiap materi, konsep, metode, dan evaluasi yang diberikan guru. Ini karena, kata dia, pelatihan motivasi itu membantu siswa menghadapi kesulitan-kesulitan psikologi saat pelajaran dan ujian. Itu didasari pemahaman, siswa tidak hanya cukup mempersiapkan penguasaan materi, tetapi juga harus mempersiapkan mental dan kepercayaan diri.

 

 

 

“Saya yakin bapak ibu guru tidak kurang memberikan materi-materi pelajaran dan pastinya sudah cukup mentransferkan bekal kemampuan akademik. Meski demikian kekuatan motivasi wajib dibangun, yakni keyakinan diri memiliki kemampuan, ketrampilan, dan kompetensi yang berkualitas,” ungkap dia.

 

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Patikraja, W. Ardi Saputra, M.Pd menjelaskan, motivasi yang diberikan kepada siswanya dapat menumbuhkembangkan rasa percaya diri, kemandirian, dan ketenangan. “Saya percaya motivasi ini akan berguna untuk siswa, karena kesiapan secara psikologis harus dimiliki mereka. Kecerdasan tanpa adanya kepercayaan diri, tentu hasilnya tidak optimal,” ujarnya. (Zyn)

Editor : Guntur Wibowo

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239