Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Dosen UMP Jadi Pengajar di Bulgaria

Titik Wahyuningsih, S.S., M. Hum merupakan dosen Sastra Inggris yang lolos seleksi program Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa). Program yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk dosen yang sudah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Dosen tersebut nantinya akan mengajar bahasa indonesia untuk penutur asing di universitas luar negeri.

 

 

Bahasa Indonesia di Bulgaria menjadi mata kuliah yang dipelajari. Dari puluhan dosen yang terdaftar hanya 9 orang yang mendapatkan kesempatan sebagai pengajar termasuk Titik. Untuk ditempatkan di negara mana, pemerintah yang menentukan. Dari sekian banyak negara di Titik ditempatkan di Bulgaria. Program ini berlangsung selama 4 bulan.

 

Titik saat ditemui di ruang kerjanya, (23/9), menjelaskan bahwa selain mengajar bahasa Indonesia Titik juga mengajar sastra yang berkaitan dengan budaya Indonesia. “Nantinya, lewat pojok sastra ini saya akan memperkenalkan budaya Indonesia lewat sastra,” terangnya. Tidak hanya itu, Titik juga ingin mengajak Penutur Asing untuk membuat tulisan yang nantinya akan dibukukan atau dibuat digital book. Dari buku itu, Titik juga berharap bisa dipergunakan untuk pembelajaran sastra.

 

Tidak berhenti sampai itu, Titik juga bertekat ingin memperkenalkan budaya banyumasan seperti kentongan pada penutur asing disana. Sehingga tidak menutup kemungkinan dapat menaikan komoditas wisata warga Negara Asing (WNA) datang ke Indonesia pada umumnya dan Banyumas khususnya.

 

Dari prestasinya, Titik juga mendapat dukungan dari Wakil Bupati Banyumas dr. Budhi Setiawan. Buhdi mengaku salut dengan program Titik. Dari pemerintah daerah mendukung program tersebut. “Kami membutuhkan ide kreatif dari akademisi untuk memperkenalkan Banyumas di Internasional,”tuturnya. Budhi juga bangga dengan kemajuan UMP yang semakin pesat. Dan keberadaannya memberikan kontribusi terhadap pemerintah daerah. (Ulv)

 

Editor : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239