Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Wisuda ke 57, UMP Luluskan 1117 Mahasiswa

Sabtu, (22/9), sebanyak 1117 mahasiswa ikut prosesi wisuda ke 57 yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Lulusan terdiri dari program  S2 sebanyak 5 orang, program S1 1.005 dan program Diploma III 107. Untuk wisudawan dari program magister berasal dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S2). Sedangkan wisudawan dari latar belakang S1 cukup merata dari berbagai program studi yaitu, 584 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 19 orang dari Fakultas Agama Islam (FAI), 68 orang dari fakultas ekonomi, 60 orang dari fakultas teknik, 23 orang dari fakultas pertanian, 30 orang dari fakultas psikologi dan 107 orang dari fakultas farmasi. Sedangkan dari fakultas sastra ada 4 orang, fakultas hukum 12 orang dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) sebanyak 205 orang.

 

Dalam kesempatan ini, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, mengatakan agar wisudawan UMP harus memiliki corak yang berbeda dari lulusan lainnya. Menurut rektor, intelektual lulusan perguruan tinggi Islam, harus memiliki perbedaan dalam bertindak, bersikap maupun bergaul jika dibandingkan dengan yang bukan lulusan perguruan tinggi Islam. Rektor menegaskan, sejak didirikan pada tanggal 5 April 1965 sampai berumur 51 tahun, UMP telah berkembang pesat. UMP merupakan Perguruan Tinggi Islam terbesar di Banyumas dan terbaik untuk beberapa rangking di Jawa Tengah. Sejak awal didirikan, UMP merupakan tempat belajar bagi generasi muda yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dengan budaya dan bahasa lokalnya masing-masing. Sejalan dengan program internasionalisasinya, UMP juga menerima banyak mahasiswa asing untuk menempuh studi di UMP. “Hal ini membuat suasana belajar dan mengajar di UMP terasa nasional sekaligus internasional,” tuturnya.

 

Rektor juga menerangkan bahwa melalui Surat Keputusan Badan Akreditasi  Institusi Perguruan Tinggi Nomor 189/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015 tanggal 10 April 2015, UMP telah meraih peringkat akreditasi institusi B (Baik). Tentunya dengandiperolehnya akreditasi ini UMP semakin meningkatkan daya tarik masyarakat untuk kuliah dan bermitra dengan UMP, di samping meningkatkan semangat untuk beraktivitas bagi seluruh civitas akademika UMP. Namun rektor memastikan pemerolehan prestasi ini tidak membuat lupa UMP juga untuk terus berbenah meningkatkan kualitas dosen dan lulusannya, dengan menambah berbagai fasilitas penunjang. “Pembangunan UMP yang saat ini sedang berlangsung, diharapkan pada masa mendatang akan dapat menjadi salah satu barometer pendidikan tinggi di Indonesia dengan memperoleh akreditasi institusi A,” harapnya.

 

Senada dengan rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Anjar Nugroho, SAg., MSI menjelaskan, kemajuan UMP berjalan seiring dengan pertambahan jumlah mahasiswanya. Tercatatsampai dengan hari ini jumlah Magister, Sarjana, Ahli Madya, dan Ahli Muda yang telah dihasilkan UMP telah mencapai 28.268alumni. Dengan rincian Magister sebanyak 160, Sarjana 20.726, Diploma III 2.709,  Diploma II 1.553,  Akta Mengajar 1.332, Profesi Apoteker 1.276 dan Profesi Ners 512. Dengan lulusan sebanyak itu, Anjar memastikan, UMP telah menempatkan dirinya sebagai perguruan tinggi yang besar dan maju pesat, memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan nasional.

 

Dalam wisuda kali ini ada beberapa lulusan terbaik dari tiap programnya. Untuk program S2 diraih oleh Yuwono dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dengan IPK 3,86, predikat sangat memuaskan. Adapun dari pogram S1, terbaik pertama diraih oleh Nareswari Kartika Prawening (FKIP) dengan IPK 3,96, terbaik kedua dan ketiga masing-masing diperoleh oleh Fani Eka Kuswanti (fakultas pertanian) dengan IPK, 3,92 dan Esty Nuriyatin Chasanah (FKIP) dengan perolehan IPK 3,91. Sedangkan lulusan terbaik dari diploma 3 diraih oleh Asri Ayuningtias (fakultas ekonomi) dengan IPK 3,78, Dwi Hastari Nugraheni (FIKES) dengan IPK 3,75 dan Nur Zidqiati Fauzah (FIKES) dengan IPK 3,75. Selain itu, UMP juga memberikan apresiasi bagi 3 wisudawan berprestasi  bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan yaitu Ismail (FAI), Septi Ari Subekti (FAI) dan Balkis Mistialim (fakultas farmasi). Untuk semua lulusan terbaik tersebut, UMP memberikan penghargaan dan sejumlah uang pendidikan. (Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239