Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Terakreditasi "B", DIII Kebidanan UMP Canangkan Jadi S1

Kebidanan DIII Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) raih akreditasi B dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Ilmu Kesehatan (LAM-PTKes) dengan nomor 012/LAM-PTKes/BA Akr/VIII/2016. Dari tahun ketahun Prodi kebidanan DIII terus mencoba untuk memperbaiki diri. Mulai dari peningatan kualitas dan kualifikasi Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan kualitas menajemen administrasi serta proses pembelajaran sesuai perkembangan jaman dan peraturan yang berlaku.

 

 

Salah satu Keunggulan Prodi kebidanan yaitu memiliki penanganan awal kegawatdaruratan maternal neonatal berdasarkan Evidence Based. Didasarkan atas kondisi saat ini berkaitan dengan keadaan kesehatan ibu dan anak yang ada di wilayah Banyumas sebagai wilayah tempat Prodi Kebidanan DIII Fikes UMP berada. Tidak hanya itu, keunggulan prodi juga mengacu pada visi dan misi dari Fakultas Ilmu Kesehatan dan visi UMP.

 

Rasa Syukur terpancar pada wajah Kaprodi D3 Kebidanan, Wilis Dwi Pangesti, SSiT. MKeb. “Usaha yang dilakukan beberapa tahun dalam rangka memperbaiki diri, mendapatkan apresiasi  dengan mendapatkan hasil akreditasi yang lebih baik dari hasil akreditasi dengan lembaga BAN-PT , yang dilaksanakan tahun 2011 lalu. Hasil akreditasi B ini menjadikan Program Studi Kebidanan DIII terus termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi pada tahun yang akan datang," terangnya.

 

Lebih lanjut, Wilis menjelaskan, prodi kebidanan DIII UMP terus memperbaiki diri dalam peningkatan kualitas pembelajaran, menyediakan fasilitas pendidikan kebidanan. Serta menjadi institusi pendidikan yang dapat menjadi rujukan bagi institusi lainnya untuk mengebangkan diri. Upaya mengembangkan dan memperbaiki kualitas institusi, salah satunya melalui upaya peningkatan jabatan fungsional dari SDM dari Prodi Kebidanan terus dilakukan. "Pada masa yang akan datang, Program Studi Kebidanan DIII tetap  berkeinginan untuk meraih peringkat akreditasi dengan nilai A," jelas dia. 

 

Menambahkan, Wilis mengungkapkan, target saat ini adalah mempersiapkan proses pembelajaran bagi tahun akademik 2016-2017 dari prodi kebidanan dengan semaksimal mungkin. Disamping itu, hampir sama dengan cita-cita prodi kebidanan dari institusi yang lainnya, bahwa berdasarkan pedoman jenjang akademik kebidanan saat ini akan diarahkan ke jenjang pendidikan S1. “Hal ini juga berdasarkan draf rancangan undang-undang pendidikan, bahwa kedepannya standar minimalnya adalah sarjana muda,” tandasnya. (Ulv)

 

 

Editor  : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239