Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Tingkatkan Kompetensi Kepenulisan, LPIP Hadirkan Penulis Nasional

Pewarta  : Ozyn

Menulis sangat bermafaat bagi keseharian mahasiswa dan doses. Dengan latar belakang hal tersebut, Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan (LPIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) adakan seminar penulisan kreatif, untuk menjembatani kemampuan kepenulisan. Tidak tanggung-tanggung, penulis yang telah 18 buku, Fahd Pahdepie dihadirkan sebagai pembicaranya. Agenda yang dilaksanakan di Aula AK. Anshori UMP, penuh sesak dengan dihadiri ratusan peserta, berasal dari dalam Civitas Akademika UMP maupun dari masyarakat umum.

 

 

Ketua LPIP UMP, Dr. Sriyanto, M.Pd mengungkapkan, menulis tidak lepas dari aktifitas sehari-hari bagi dosen dan mahasiswa. Menurut dia, sering kali menemui kendala dalam menyampaikan gagasan atau ide-ide yang menarik dan kreatif melalui tulisan, maka dari itu kata dia, seminar tersebut dapat menjadi ajang pelatihan. “Ini adalah kesempatan untuk menimba ilmu trik dan strategi menulis kreatif, apalagi pembicaranya sudah tidak dapat diragukan lagi kompetensinya, yaitu Fahd Pahdepie” ungkapnya sewaktu membuka acara tersebut, pada Kamis (8/10) lalu.

 

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Kerjasama dan AIK, Dr. Ns. Jebul Suroso M.Kep mengungkapkan, fenomena umum pada mahasiswa yaitu kurangnya kreatifitas dalam menulis, Selain itu, kata dia, juga masih minimnya motivasi menulis. Maka dari itu menurutnya, harus diberikannya stimulus kepada mahasiswa. Ini dikarenakan, menulis merupakan ketrampilan yang dapat mendukung kesuksesan di masa mendatang.

 

“Seminar ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen. Dalam seminar ini peserta dapat mengetahui cara-cara agar tulisan kita dapat layak baca. Dari sisi dosen, ini dapat menunjang untuk membuat paper, penelitian, dan jurnal. Bagi mahasiswa, dapat mendukung bagi yang tengah mengerjakan skripsi” jelas dia.

 

Dalam seminar tersebut, Fahd Pahdepie menjelaskan materi mengenai penulisan kreatif “creative writhing”. Penulis 18 buku ini menuturkan, ada jarak antara siapa diri kita dengan apa yang akan dicapai. Jarak itulah yang dinamakan kreatifitas, “Gap antara siapa diri kita dengan apa yang ingin kita capai, itulah proses kreatifitas. Khusus pada proses penulisan kreatif, yang perlu diperhatikan, yakni saat menyampaikan, meramu dan merancang. Karena penulisan yang kreatif itu dinilai dari perancangan dan penyampaiannya,” paparnya.

 

 

Editor  : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239