Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

KKN UMP Perpisahan Dengan Masyarakat Pulubala

Usai menjalani program Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah (KKN-MU) selama 34 hari kerja di Kecamatan Pulubala, Bongomeme, Boliohuto, Limboto Barat, Telaga Biru, Gorontalo, sebanyak 15 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia adakan perpisahan dengan masyarakat sekitar, (8/9). Perpisahan ini selain dihadiri unsur pemerintah daerah setempat juga Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

 

Wakil Rektor Bidang Akademik UMP, Anjar Nugroho SAg MSI, mengatakan, kegiatan menggabungkan beberapa mahasiswa PTM untuk melakukan KKN bersama di daerah luar Jawa ini merupakan terobosan baru. Dalam hal ini UMP menempatkan diri sebagai PTM yang memiliki komitmen tinggi untuk membangun generasi unggul, modern dan Islami, mengambil peran aktif dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. UMP bahkan  memfasilitasi semua keperluan KKN-MU di Gorontalo, mulai dari pembekalan, pendampingan, bimbingan maupun subsidi biaya.

 

Anjar menerangkan, prinsip KKN MU ini adalah dalam rangka pembelajaran dan pemberdayaan melalui kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sasarannya adalah memberikan pelajaran berharga bagi mahasiswa, memiliki pengalaman KKN dengan mahasiswa dari berbagai PTM se Indonesia. “Ini bekal mereka untuk menjadi sarjana yang berwawasan masyarakat nusantara. Menjadi SDM yang kompetitif,” ungkapnya.

 

Pemerintah daerah Gorontalo sendiri mengapresiasi kegiatan ini.  Salah satu bentuknya adalah adanya komitmen bersama antara Pemda Gorontalo dengan PTM (termasuk UMP) untuk terus bekerjasama dalam pengembangan SDM dan hubungan kemitraan yang berkelanjutan.

 

Senada dengan Anjar, Ketua LPPM UMP, Dr. Suwarno, MSi memastikan, dari kegiatan ini mahasiswa dapat lebih mengambil peran aktif dalam masyarakat. Mahasiswa dituntut bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh daerah  dengan konsep melibatkan kerjasama masyarakat. Suwarno meyakinkan, selain mahasiswa, LPPM akan tetap mengawal program yang sudah berjalan sampai tuntas. Salah satu caranya adalah dengan membentuk panitia lokal yang notabene adalah tuan rumah (Universitas Muhammadiyah Gorontalo) untuk memastikan program yang ada tetap berjalan di masyarakat. Ke depannya, Suwarno berharap UMP bisa menjadi tuan rumah, mengambil langkah terdepan untuk memberdayakan masyarakat lokal. (Pra)    

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239