Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Gelar Sumpah Profesi Apoteker

Kamis (8/9), sebanyak 116 mahasiswa dari Program Studi Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ikuti prosesi angkat sumpah profesi apoteker di auditorium Ukhuwah Islamiyah.  Tercatat, sampai akhir tahun ini adalah angkatan ke 23 sejak berdirinya program studi profesi aporeker dengan total lulusan yang sudah mencapai lebih dari 1200 mahasiswa. Ketua Program Studi Apoteker Dr. Nunuk Aries Nurulita, MSi, Apt memastikan lulusan profesi apoteker telah terserap di dunia kerja dan tidak sedikit juga yang buka praktek mandiri. Nunuk juga menyampaikan bahwa fakultas farmasi telah menaikkan standar IPK dari 2,50 menjadi 3,00. “Hal ini kami lakukan agar lulusan apoteker lebih siap memasuki dunia kerja, “ katanya.

 

 

Terpisah, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, merasa bangga dengan kenaikan standar kelulusan ini. Rektor menyikapi proses angkat sumpah profesi ini sebagai momentum yang bagus guna merekatkan hubungan kerjasama antar instansi kesehatan dengan industri dalam rangka menghasilkan  sumber daya manusia farmasi yang profesional.

 

Berkaitan dengan MEA, Rektor mengajak civitas akademika UMP untuk lebih mematangkan diri menghadapi liberalisasi jasa, mempersiapkan strategi dengan baik. “Dengan slogan UMP semakin mendunia tentu merupakan salah satu motivasi untuk siap bersaing sebagai apoteker yang berstandar internasional,” tuturnya. Oleh karenanya rektor ingin agar apoteker UMP dapat menjaga 3 ciri utamanya yaitu unggul, modern dan Islami.

  

Acara penandatanganan sumpah dipimpin oleh Dekan fakultas farmasi, Dr. Agus Siswanto, MSi, Apt yang dilanjutkan dengan penyematan jas almamater oleh Komite Farmasi Nasional (KFN) dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jawa Tengah. Dari semua lulusan ada 18 mahasiswa yang mendapatkan predikat cum laude dan 3 lulusan terbaik yaitu Elsa Sundani 3,94, Mayang S. Muhadi 3,92 dan Wahidah Aulia Anisa 3,92. Tidak hanya itu, lulusan apoteker UMP memiliki masa tunggu mendapatkan pekerjaan sekitar 2 bulan, tersebar di apotek, rumah sakit, industri farmasi serta dinas kesehatan di Pulau jawa dan sekitarnya. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239