Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Ganjar Pranowo : “Dunia Mahasiswa itu Buku, Pesta dan Cinta!

“Dunia Mahasiswa itu Buku, Pesta dan Cinta!” Itulah kalimat yang dilantangkan oleh Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah ketika memberikan kuliah umum di hadapan lebih dari 2300 mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang juga dihadiri oleh Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein, dalam acara Ospek Merdeka, Kamis (1/9). Ganjar paham betul bagaimana dunia mahasiswa. Ganjar yang juga alumni S1 dari fakultas hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) ini ingin mahasiswa tidak hanya sebatas kuliah tetapi juga menghabiskan banyak waktu dengan berbagai seluk beluk dunia kemahasiswaan yang positif.

 

Ganjar mendorong mahasiswa agar bisa ikut serta melihat persoalan bangsa dengan sisi berbeda. Untuk bisa melihatnya, Ganjar menjelaskan ada 3 hal yang dibutuhkan oleh mahasiswa yaitu karakteristik, moralitas dan idealitas yang harus dipupuk sejak dini, sedari awal kuliah.  3 hal itu juga menjadi bekal dasar untuk menjalankan fungsi mahasiswa dalam membangun bangsa. “Jika kalian ingin merestorasi bangsa, maka berorganisasilah,tandasnya mantap.

 

Tidak berbeda dengan Ganjar, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH juga mendorong mahasiswa agar dapat memulihkan kembali semangat mahasiswa, memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan bangsa. Rektor mencontohkan mahasiswa di era orde baru. Menurutnya, ketika itu mahasiswa memiliki semangat dan pemikiran yang sangat besar untuk memajukan kesejahteraan bangsa. Mahasiswa di era tersebut yang akhirnya mendorong lahiranya era reformasi. “Saat ini nilai-nilai itu mulai pudar. Mahasiswa perlu merestorasi kembali semangat dan pemikirannya,” katanya. Rektor memastikan UMP memiliki sistem pendidikan yang mendukung terciptanya mahasiswa yang unggul, modern dan Islami. Oleh karena itu rektor ingin semua mahasiswa UMP dapat bergabung dengan lebih dari 13.000 mahasiswa lainnya menjadi satu bagian keluarga besar UMP yang unggul, modern dan Islami. Dalam kesempatan ini rektor juga memberikan penghargaan pada 5 mahasiswa baru yang memperoleh nilai tertinggi ketika mengikuti ujian masuk seleksi penerimaan mahasisiwa UMP.

 

Terpisah, salah satu mahasiswa baru dari Fakultas Ekonomi, Untari Syarifah Sumandari mengungkapkan kekagumannya terhadap acara ospek merdeka 2016. Menurutnya, selain kemasan yang jauh dari nilai-nilai kekerasan, pembicara yang didatangkan juga tidak kalah seru."Saya senang sekali bisa  bertemu dan menimba ilmu dengan orang nomor satu di Jateng, pak Ganjar.  Setelah acara ini saya jadi tertarik untuk ikut organisasi,” ungkapnya. Di akhir acara, Gubernur melakukan penanaman bibit pohon kelapa kopyor disaksikan oleh bupati Banyumas dan jajaran rektorat UMP. Kelapa kopyor merupakan salah satu penelitian unggulan UMP yang dikembangkan oleh Sisunandar PhD, dosen FKIP. Kelapa kopyor itu juga yang telah membuat UMP menjadi Pusat Unggulan Kelapa Kopyor (PUKK) di Indonesia. (Ulv/Pra) 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239