Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Terapkan Lesson Study Dalam Pembelajaran


Mantapkan kualitas pembelajaran dosen, Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Aktivitas Intruksional (LPMPAI) adakan pelatihan lesson study untuk dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Senin (22/8)
. Ketua LPMPAIAbdul Haris Mulyadi, ST, MT  menerangkan, lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh dosen. Oleh karena itu sasarana dari pelatihannya adalah dosen dan guru SD UMP. Tercatat hampir mencapai 90 peserta ikut dalam pelatihan ini.

 

 

Lebih lanjut Haris menuturkan, pelatihan ini sejalan dengan tujuan universitas 2015-2019 hingga 2019 yaitu mencapaitahapan pembelajaran unggul. Metode pembelajaran lesson study dapat menjadi terobosan baru dalam pembelajaran di kelas. “Setelah pelatihan ini, diharapkan lesson study dapat diterapkan  pada masing-masing program studi ,” jelasnya.

 

Senada dengan Haris, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH,mengatakan, dalam rangka mewujudkan level UMP menjadiworld Class university maka harus ada peningkatan kualitas di semua lininya. Salah satunya adalah kualitas pendidik. Aspek ini memegang peran penting untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berdaya saing global. Rektor memastikan, penerapan lesson studydapat memeberikan pembelajaran di UMP lebih variatif.

 

Terpisah, narasumber utama, Sumar Hendayana, PhD, dalam paparannya lebih banyak menekankan gambaran umum tentang strategi peningkatan mutu perkuliahan berkelanjutan di universitas.Sumar meyakinkan, lesson study merupakan solusi perbaikan mutu perkuliahan, karena metode ini merancang pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa. Lesson Study merupakan peningkatan mutu pembelajaran melalui pembinaan profesi pendidikan dalam mengkaji pembelajaran secara reflektif, kolaboratif dan berkelanjutan,” tandasnya mantap. (Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239