Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Dekan FAI : “Guru Jangan Hanya Memberikan Pengetahuan”

Merespon kurikulum 2013 yang sudah berjalan pada sistem pendidikan indonesia. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FAI UMP) selenggarakan seminar nasional dan temu alumni bertemakan Kurikulum Pendidikan Agama Islam 2013: antara idealitas dan realitas, (21/8). Seminar yang diikuti lebih dari 100 civitas akademika UMP ini mengupas lebih jauh tentang pendidikan agama Islam dalam kurikulum 2013.

 

 

Dekan FAI, H. Ibnu Hasan, SAg, MSI mengatakan, salah satu aspek yang paling penting dalam kurikulum 2013 adalah penanaman ahlak, itu menjadi tanggung jawab besar bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Ibnu menegaskan agar guru jangan hanya memberikan pengetahuan tetapi juga ikut serta dalam penanaman ahlak. Ibnu memastikan FAI UMP memiliki perhatian besar terhadap hal tersebut, salah satu bentuk kepeduliannya adalah dengan menyelenggarakan forum ilmiah yang mendiskusikan implementasi pelajaran agama Islam pada kurikulum 2013. “Kita merespon cepat perubahan kurikulum dengan evaluasi pembelajaran yang tepat,” kata Ibnu.  Ada 3 pembicara yang didatangkan oleh FAI yaitu Prof. Dr. Sutrisno, MAg. (UIN Suka), Dr. Darodjat, MAg. (UMP) dan Dr. Fatah Santoso, MAg. (UMS).

 

 

Senada dengan Ibnu, Dr. Darojat MAg yang juga menjabat sebagai Kepala Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) menjelaskan, Implementasi dari perubahan kurikulum dalam evaluasi pembelajaran harus meninggalkan beberapa hal lama. Ia mencontohkan, asesmen tradisional yang mengutamakan pada kognitif sebaiknya ditinggalkan, diganti pada aspek yangmenekankan pada kompetensi riil individu.Kunci yang menjadi panduan dalam perubahan kurikulum adalah melestarikan hal lama yang masih baik, dan mengambil hal baru yang lebih maslahah, tandasnya.(Ulv/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239