Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mahasiswa UMP Ubah Biji Pepaya Jadi Kosmetik

Bukan pertama kalinya mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) ukir prestasi dalam ajang Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS). Kali ini giliran tim mahasiswa dari fakultas farmasi Putri M. Hihayat, Tiyas Addina Khaerunnisa, Nindya Indah Damayanti, dan Hanifah Nur Fadhilah menjadi tim yang lolos ke Pimnas. Mereka mempresentasikan karya ilmiahnya yang berjudul " Pemanfaatan Limbah Biji Pepaya (Carica Pepaya L) Sebagai Sabun Cair Wajah Anti Jerawat (Acne Vulgaris)” di Institut Pertanian Bogor/IPB, (8/8).

 

Putri M. Hihayat (Ketua tim penelitian) mengatakan, latar belakang dari penelitian ini berasal dari fenomena banyaknya produk kosmetik berbahaya yang beredar di masyarakat. Kondisi itu mendorong Putri untuk meneliti lebih jauh tentang produk kosmetik yang bersumber dari bahan yang tidak berbahaya. Bersama temannya Putri mencoba memberikan solusi  dengan membuat sabun cuci muka yang aman dan alami. Sabun tersebut terbuat dari biji pepaya. Menurutnya, Kandungan anti bakteri dalam biji papaya membuatnya dapat menjadi benda yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

 

Putri menjelaskan, kandungan dari biji pepaya dapat diubah menjadi anti bakteri yang baik bagi tubuh. Anti bakteri itu dapat berfungsi sebagai penghambat masuknya kotoran maupun bakteri ke dalam pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat. Putri dan tim mengolah anti bakteri itu dalam bentuk sabun cair. Sabun tersebut yang jika digunakan rutin dapat berkhasiat menghilangkan jerawat. Produknya dinamakan Weepaya. Produk inilah yang berhasil membawa Putri dan tim menuju ke Pimnas. "Kami namakan produk ini "Weepaya", kepanjangan  dari "Wiji pepaya" kami buat dalam bentuk sabun cair yang dalam kemasan botol agar mudah dipakai," ujarnya.

  

Di samping manfaatnya yang bisa berfungsi sebagai bahan kosmetik. Putri juga menerangkan bahwa penggunaan biji sekaligus juga mengurangi limbah biji papaya di masyarakat. Putri senang dapat mewakili UMP, berkompetisi bersama lebih dari 2000 peserta dari universitas di seluruh Indonesia. “Kami akan berusaha optimal mempresentasikan ide weepaya. Semoga kami dapat memberikan hasil yang terbaik bagi UMP,” tuturnya. (Ulv/Pra)

 

 

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239