Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mahasiswa UMP Berlatih Manfaatkan Data Geospasial

Saat ini ilmu geografi berkembang pesat dengan dukungan data geospasial, sebagai alat bantu. Maka dari itu, kompetensi dalam pemanfaatannya harus diberikan secara komprehensif. Memahami hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Prodi Pendidikan Geografi ajarkan mengimplementasikan pemanfaatan data geospasial, pada seminar nasional bertemakan “Implementasi Pemanfaatan Data Geospasial dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era MEA” belum lama ini, dengan pemateri, yakni perwakilan Badan Informasi Geospasial, Dr. Suprajaka, MSi, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia Provinsi Jawa Tengah, H. Widadi, SH, dan Pengajar di Prodi Pendidikan Geografi FKIP UMP, Dr. Suwarno, MSi.

 

 

Ketua Panitia, Sakinah Fathrunnadi Shalihati, SPd., MSc mengatakan, seminar ini rutin dilakukan Prodi Pendidikan Geografi, dalam upaya mempersiapkan mahasiswa  mampu bersaing dengan negara lain, “Seminar ini dapat menjadi inovasi pembelajaran dari pendidikan dasar sampai ke perguruan tinggi,” paparnya.

 

Tidak hanya pemamaparan materi, dalam seminar ini juga dilakukan sidang komisi untuk mempresentasikan ide, gagasan ataupun hasil penelitian para peserta. Ada empat sub tema yang didiskusikan yaitu pemanfaatan  data spasial untuk pengelolaan sumberdaya, pengembangan pembelajaran dengan memanfaatkan data geospasial, pemberdayaan masyarakat dengan pendekatan geografi, manajemen bencana berbasis kearifan dan pemanfaatan teknologi geografi. (DPA)

 

 

Editor              : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239