Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

KKN UMP Tekankan Gaya Hidup Sehat

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Purwokerto (KKN UMP) kelompok Tunjungmuli 1 adakan penyuluhan kesehatan tentang pentingnya menjaga tekanan darah. Penyuluhan yang dilakukan di desa Tunjungmuli kecamatan Karangmoncol kabupaten Purbalingga, Senin (1/8) pekan lalu ini juga mendatangkan 2 narasumber terkait yaitu Gista Priyandhik (mahasiswa fakultas Kedokteran) dan Uji Pipit (mahasiswa fakultas farmasi). Ketua kelompok KKN Tunjungmuli 1, Windu Trias Kurniawan mengungkapkan, penyuluhan ini merupakan salah satu program unggulan yang sasarannya adalah menyadarkan warga sehingga dapat lebih memperhatikan gaya hidup sehat. “Harapannya, warga desa Tunjungmuli dapat semakin peduli dengan kesehatannya terutama dalam menjaga tekanan darah,”ungkapnya.

 

Mengenai pentingnya tekanan darah, Windu menjelaskan, pengawasan terhadap tekanan darah dapat membuat kita lebih waspada terhadap resiko yang merugikan kesehatan. 2 permasalahannya iatu tekanan darah tinggi dan darah rendah. Menurutnya, setiap orang harus mengetahui gejala-gejalanya. “Jangan sampai menghiraukan, terdapat bahaya serius yang mengancam. Jika tekanan darah terlalu tinggi maka resiko stroke, serangan jantung dan gagal ginjal akan tinggi. Sebaliknya jika terlalu rendah bisa menyebabkan lemahnya organ vital seperti otak dan jantung,”katanya. Sementara itu, Gista Priyandhika menjelaskan bahwa masyarakat harus jeli terhadap faktor yang bisa menyebabkan tekanan darah. Gista mendorong masyarakat agar dapat lebih banyak melakukan aktifitas fisik seperti olahraga.

 

Terpisah, Saroh, salah satu warga yang ikut melakukan pengecekan gratis menuturkan, acara ini sangat membantu dan bermanfaat bagi warga Tunjungmuli. “Penyuluhan seperti ini semoga bisa dilakukan setiap minggu. Ini bisa memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga tekanan darah,” harapnya.(Ziz/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239