Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

KKN UMP Turut Andil Program Nikah Masal Kemenag

Sebanyak 102 pasangan Suami Istri (Pasutri) asal desa Tunjungmuli kecamatan karangmoncol  Purbalingga serentak ikuti nikah masal yang digelar oleh Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah, pekan lalu. Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Purwokerto (KKN UMP) turut aktif dalam mensukseskan acara tersebut.

 

Menurut Ketua kelompok KKN Tunjungmuli 1, Windu Trias Kurniawan mengungkapkan, acara ini meliputi tiga agenda pokok yakni isbat nikah (penetapan), pelayanan pembuatan akta nikah dan pembuatan catatan kependudukan sipil. “Isbat nikah dilakukan kepada pasangan suami yang sudah sah menikah secara aturan agama namun belum tercatat di Departemen Agama. Acara tersebut juga dalam rangka melayani pembuatan akta nikah, akta kelahiran, surat Kepala Keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP),” ucapnya.

 

Di sisi lain, Windu menjelaskan, nikah masal ini dimaksudkan untuk membentuk kesadaran hukum warga setempat, yang dinilai belum melengkapi dokumen resmi di Kantor Urusan Agama (KUA). ”Peserta nikah masal belum terdaftar di KUA, sehingga tidak memiliki dokumen pernikahan. Penyebabnya bukan karena ketidaktahuan peserta nikah tentang aturan dokumen tersebut, melainkan karena masalah ekonomi,” jelasnya.

 

Sementara itu, Bupati Purbalingga Tasdi SH MM, yang datang menghadiri acara itu mengatakan, kemampuan ekonomi menjadi faktor utama penyebab warga tidak membuat dokumen pernikahan. “Seluruh penyediaan dokumen diberikan secara gratis kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga bertekad untuk menyelesaikan masalah tersebut salah satunya melalui rencana pernikahan masal,  yang akan dijadikan rekor muri ,sehingga seluruh warga purbalingga memiliki akta pernikahan,” ucap dia Tasdi saat membuka pernikahan masal di lapangan Tunggulmuli. (Ziz)

 

 

Editor              : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239