Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

844 Mahasiswa KKN UMP Fokuskan Mengabdi “Tetangga Terdekat”

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berbuat baik kepada tetangganya."

(HR. Bukhari-Muslim)

 

Tetangga adalah sosok yang akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak jarang, tetangga kita lebih tahu keadaan kita ketimbang kerabat kita yang tinggal berjauhan. Saat kita sakit dan ditimpa musibah, tetanggalah yang pertama membantu kita. Tak heran, jika Islam begitu menekankan kepada kita untuk berbuat baik kepada tetangga, karena dampak hubungan yang harmonis antar tetangga mendatangkan maslahat yang begitu besar.

 

 

Maka dari itu, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) masih fokus melaksanakan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan ke tetangga terdekat, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, dan Cilacap. Meski demikian, UMP tidak melupakan azas kebutuhan, dengan demikian, melihat adanya analisis tersendiri terhadap masyarakat Sulawesi, ada sebagian mahasiswa UMP yang diberangkatkan ke Gorontalo.KKN tahun ini terbagi menjadi empat kategori, yakni KKN Reguler, KKN Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya), KKN Mu Untuk Negeri dan KKN Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

 

Ketua  Panitia KKN UMP 2016, Suwarsito, SPi, MSi  mengatakan, KKN akan berlangsung selama 35 hari dimulai tanggal 26 Juli hingga 31 Agustus 2016. “Kami masih optimalkan memberdayakan masyarakat terdekat terlebih dahulu. Setelah dirasa cukup, luar daerah menjadi target berikutnya. Di sisi lain, kami telah memberikan pembekalan yang cukup kepada mahasiswa, agar mereka nantinya dapat bekerjasama dengan lingkungan barunya,” papar dia, sesaat setelah upacara pelepasan Mahasiswa KKN UMP 2016, Selasa (26/7) lalu.

 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Anjar Nugroho, SAg., MSI mengatakan, KKN UMP selama ini diapresiasi dengan baik oleh masyarakat, bahkan kehadirannya diharapkan setiap tahunnya. Dia berharap agar penilaian positif tersebut dapat terus dipertahankan bahkan ditingkatkan. “Kalian adalah duta UMP. Jagalah almamater UMP dan terus tingkatkan prestasi KKN UMP yang sudah baik ini,” katanya.

Mahasiswa KKN  berasal dari 10 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (209 mahasiswa), Teknik (123 mahasiswa), Farmasi (157 mahasiswa), Ilmu Kesehatan (112 mahasiswa), Kedokteran (48 mahasiswa), Psikologi (69 mahasiswa), Hukum (30 mahasiswa), Pertanian (45 mahasiswa), Sastra Inggris (12 mahasiswa), dan Agama Islam (39 mahasiswa).

 

Mereka  tersebar di Kecamatan  Rembang (120 mahasiswa), Kecamatan Karang Moncol (140 mahasiswa, Kecamatan Kertanegara (140 mahasiswa) dan Kecamatan Bukateja (30 mahasiswa). Sedangkan untuk Kabupaten Cilacap mahasiswa akan ditempatkan di Kecamatan Adipala (50 mahasiswa), Kecamatan Kesugihan (70 mahasiswa), Kecamatan Cilacap Utara (40 mahasiswa), Kecamatan Cilacap Tengah (50 mahasiswa), Kecamatan Cilacap Selatan (50 mahasiswa) dan Kecamatan Jeruk Legi (40 mahasiswa). Kemudian, untuk Kabupaten Kebumen mahasiswa akan tersebar di Kecamatan Alian sebanyak 100 mahasiswa, dan untuk Kabupaten Gorontalo sebanyak 15 mahasiswa. (Dpa)

 

Editor              : Guntur Wibowo

 

Fotografer      : Puspita

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239