Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

RAD UMP Gembleng 582 Calon Pembina Pramuka

Gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan generasi muda Indonesia dalam membentuk mental serta mempersiapkan kader bangsa yang berkualitas. Untuk mewujudkannya,  Racana Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (RAD UMP) yang bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan dan pengkaderan Kwartir Cabang Banyumas (Kwarcab Banyumas) adakan Kursus pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar 2016 (KMD 2016). KMD kali ini diikuti 582 peserta, dan 60 pelatih dari kwarcab Banyumas.

 

Menurut Ketua Reka Kerja KMD 2016 Wakhid Imanulloh, KMD merupakan kegiatan yang rutin diselenggarakan RAD UMP setiap tahunnya, rencananya KMD 2016 akan berlangsung selama delapan hari, dan berakhir pada Minggu (31/7) mendatang. Kegiatan yang dibagi menjadi dua gelombang ini, bertujuan untuk melahirkan pembina pramuka berkualitas turut serta membangun bangsa.

 

Ketua Kwarcab Banyumas Ir Didi Rudwianto SH MSi mengungkapkan,  untuk  mewujudkan kader pramuka berkualitas harus didukung dengan ketersediaan pembina yang memiliki kualifikasi mumpuni di gugus depan.“Para pembina Pramuka ini harus memiliki kualifikasi yang baik dan dibuktikan dengan keikutsertaan dalam Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) Pramuka,” jelasnya, saat memberikan sambutan dalam upacara pembukaan.

 

Sementara itu, Pembina gugus depan RAD UMP Efi Miftah Faridli, MPd menjelaskan, pelatihan KMD dapat dijadikan bekal calon pembina menjalankan tugasnya di gugus depan pramuka. Ini karena, kata dia, kedepannya pembina pramuka akan menghadapi tugas berat membentuk kepribadian dan karakter anak bangsa, sehingga pembina pramuka dituntut menjadi pembina berkepribadian baik, profesional, kreatif, inovatif serta mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya. “Pelatihan ini dapat membentuk dan menciptakan para pembina Pramuka yang profesional, handal dan berkompeten dalam membina perserta didik,”ungkapnya. (Ziz)

 

Editor              : Guntur Wibowo

 

 

Fotografer      : Aziz F.R

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239