Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Empat Pusat Unggulan Baru Segera Berdiri di UMP

Tim Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristek Dikti RI) meninjau Laboratorium Terpadu Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Minggu (24/7) lalu. Hal tersebut dalam rangka memantau sarana dan pra sarana pendukung penelitian berteknologi tinggi di perguruan tinggi. Sekali tepuk dua tangan, UMP yang tengah menggodog persiapan pendirian sejumlah pusat unggulan baru, diberikan sejumlah masukan berarti, terkait planning, organizing, dan anggaran.

 

Saat ini, UMP telah memiliki satu unggulan kelapa kopyor, yang telah dikelola selama lima tahun lebih. Meski demikian, pimpinan UMP bersama seluruh civitas akademika berusaha membuka pusat unggulan baru. Menurut informasi yang bersumber dari pengelolaan data rencana pengembangan UMP, terdapat empat pusat unggulan yang dalam waktu dekat segera berdiri, yakni pusat unggulan tanaman pangan, polimer sintetik untuk medis, obat anti kanker, dan tanaman herbal.

 

Wakil Rektor Bidang Akademik, Anjar Nugroho, S.Ag., M.Si, mengatakan, tim Kemenristek-Dikti menilai laboratorium terpadu UMP sudah layak untuk mendukung penelitian teknologi tinggi. Menurut dia, tim juga menyampaikan masih banyak perguruan tinggi yang tidak memiliki laboratorium terpadu. “Laboratorium terpadu milik kita mendapat respon positif. Selain itu, tim Kemenristek-Dikti, juga siap membantu proses pendirian empat pusat unggulan baru yang segera hadir di UMP,” ungkapnya di sela-sela pertemuan.

 

Lebih lanjut, Anjar memaparkan, pada dasarnya perencanaan terkait pendirian empat pusat unggulan baru telah dilakukan cukup lama. “Untuk mengawali usaha pendirian ini, kami siapkan SDM terlebih dahulu. Kami sudah memberangkatkan dosen untuk studi lanjut, dan ada sebagian yang telah selesai. Mereka nantinya yang akan menjadi ahli-ahli di setiap program unggulan yang ada,” jelasnya.

 

Dia mengharapkan, pusat unggulan yang segera berdiri di UMP, dapat memberinkan kebermanfaatan kepada masyarakat luas. “Pusat unggulan tersebut untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, inovasi, dan penemuan-penemuan baru, yang dapat berguna bagi kesejahteraan seluruh umat,” harap dia. (Gun)

 

Editor              : Guntur Wibowo

Fotografer      : Guntur Wibowo

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239