Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Ugung Lulus Sangat Memuaskan Dalam Sidang Doktor

Senin (18/7), Ugung Dwi Ario Wibowo, MSi sah menjadi doktor pertama yang dimiliki oleh Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), dosen fakultas psikologi yang telah bergabung di UMP sejak 10 oktober 2002 lulus dalam predikat sangat memuaskan dalam sidang terbuka promosi doktor ilmu psikologi dari Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung. Sebelumnya, Ugung telah menamatkan studi S1 dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, melanjutkan S2 di Universitas Padjajaran. Dalam sidang tersebut Ugung didampingi bukan hanya oleh keluarga tetapi juga Wakil Rektor Bidang Akademik UMP, Anjar Nugroho, SAg, MSI beserta jajarannya.

 

Dalam disertasinya yang berjudul Kajian Anteseden Komitmen Pada Organisasi Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Kewargaan Organisasional Pada Perbankan Syariah” Ugung mengkaji lebih lanjut tentang antesenden komitmen organisasi pada organisasi syariah baik itu perbankan, insurance, finance, asuransi atau pembiayaan. Menurutnya, eksistensi organisasi banyak yang tidak bertahan lama, jika ada yang bertahan lama, tidak memiliki orang-orang yang konsisten terhadap organisasinya. “Saya ingin mnegembangkan konsep komitmen organisasi dan menemukan cara untuk menerapkan itu, terutama pada organisasi Islam. Orang-orang yang bekerja di organsasi islam memiliki karakteristik yang berbeda,” katanya. Ugung menitikberatkannya pada perbankan syariah.

 

Ugung memahami, perbankan syariah merupakan solusi tepat bagi umat Islam dalam bertransaksasi keuangan. Ugung cemas jika perbankan syariah bisa hilang hanya karena komitmen organisasinya yang tidak kuat. Hal-hal yang dapat mempengaruhi komitmen organisasi harus dapat ditemukan, jika sudah diketahui harus diolah dan dikembangkan pada setiap perbankan syariah. “Menyambut era perdagangan bebas, bank syariah  dan bank umum konvensional  itu bertarung, komitmen organisasi menjadi titik tentu pertahanan utama,” jelasnya.

 

Ugung mengharapkan SDM perbankan di Indonesia, terutama perbankan syariah dapat terpenuhi di semua lininya. Komitmen organisasi harus dimunculkan agar perilaku kerja karyawan dapat optimal. Sasaran Ugung, komitmen organisasi akan membidik sikap karyawan yang mengarah pada tujuan, nilai dan sasaran organisasi yang ditunjukan dengan adanya penerimaan. “Jika sudah ada penerimaan, maka akan muncul kesediaan untuk bekerja keras demi organisasi, serta memiliki keinginan besar untuk berafiliasi dengan organisasinya,” tandasnya.

 

 

Ugung juga ingin hasil penelitiannya tidak hanya memberikan sumbangsih bagi dunia pendidikan tetapi juga ditempatnya bekerja. Baginya, UMP yang sedang maju pesat memerlukan penyegaran komitmen organisasi yang simultan. Komitmen ini yang nantinya bisa menciptakan rasa cinta pegawai terhadap tempat kerjanya. Eksesnya, optimalisasi kinerja SDM, percepatan pembangunan dan pengembangan menyeluruh. “Prinsip saya, Khairunnaas, ‘anfa’uhum lil annas (sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain), semoga ilmu saya bisa bermanfaat,” tuturnya (Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239