Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mau kuliah S3 Gratis di Luar Negeri? Begini Caranya

 

 

 

Studi lanjut ke luar negeri merupakan impian banyak pelajar Indonesia, banyak hal jadi motivasi tinggi. Mulai dari memperdalam ilmu pengetahuan, merasakan hidup di negara maju, hingga keinginan berkompetisi di tingkat internasional. Akan tetapi hal ini bukan perkara yang mudah. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi, baik dari segi akademis, administrasi, hingga biaya mahal.

 

 

Tenang saja, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang berkomitmen tinggi di dunia pendidikan, berusaha memberikan strategi, agar dapat berkuliah di luar negeri secara gratis. Salah satunya, UMP memberikan pembekalan sekaligus pendampingan melalui tim pendamping studi lanjut ke luar negeri dan Kantor Urusan Internasional (KUI) dalam acara “A Sharing Forum”, dengan menghadirkan narasumber Merry Kurniati (Executive Director Nathaniel Global) di ruang sidang UMP, Jumat (22/4).

 

Menurut Merry Kurniati, untuk dapat studi lanjut ke luar negeri dapat mengikuti salah satu program pemerintah yaitu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Ia menjelaskan Program beasiswa ini dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN).

 

"LPDP mengelola pembiayaan studi lanjut untuk program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri. Tahapan yang harus dilewati para pejuang beasiswa yaitu administrasi dan wawancara,” ungkap dia.

 

Kepala KUI Santhy Hawanti, PhD, banyak hal yang dipersiapkan untuk studi lanjut di luar negeri yaitu persiapan administrasi baik akademik maupun non akademik. Akan tetapi yang paling penting adalah persiapan mental.

 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Drs. Joko Purwanto MSi, mengatakan dosen muda wajib hukumnya ambil doktor di luar negeri. Hal ini mengantisipasi kompetisi global yang semakin ketat dengan adanya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sehingga dosen muda UMP mampu bersaing dan menghasilkan lulusan berkompeten.

 

”UMP senantiasa memfasilitasi dan mendorong karyawan khususnya staf pengajar untuk studi lanjut ke luar negeri. Hal ini bertujuan untuk semakin meningkatkan kulitas tenaga pengajar sehingga lulusan UMP semakin memiliki kompetensi yang tinggi. Kami juga berharap, setelah lulus dosen semakin memberikan kontribusi positif untuk kemajuan UMP tercinta,”ungkapnya. (Ziz/Gun)

 

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239