Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Hey… Mahasiswa! Ini Kunci Sukses Buat Karirmu di Masa Depan

Siapapun ingin berhasil dalam karirnya. Namun, untuk menggapainya tidak semudah yang dibayangkan. Kerja keras dan ketekunan saja, tidaklah cukup. Ternyata ada faktor yang sangat berpengaruh, yakni membina hubungan baik dengan masyarakat, caranya adalah menggunakan bahasa yang santun, dalam berkomunikasi. Ini karena, 45 persen keberhasilan ditentukan hubungan harmonis. 90 persen kegagalan, karena salah cara berkomunikasi.

 

 

Itu disampaikan, Pakar Kebahasaan, Drs. Pardi, M.Hum, pada seminar nasional yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Purwokerto bekerjasama dengan Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, bertema “Pembentukan Etika Berkomunikasi melalui Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”, Rabu (21/4) lalu. Pardi mengatakan, mahasiswa yang ingin berhasil dalam pekerjaannya setelah lulus, harus memperhatikan cara berbahasa. Menurutnya kesantunan dalam berkomunikasi, berperan besar menjadi kunci kesuksesan.

 

“Dalam konteks komunikasi, bahasa digunakan untuk mencapai respon positif dari mitra komunikasi, baik mitra komunikasi berstatus sebagai individu maupun lembaga. Ukuran keberhasilan komunikasi adalah tercapainya harapan penutur dan respon positif dari mitra tutur. Dengan demikian, terkait dengan etika berbahasa, penutur harus menyiapkan diri dan mengembangkan bahasa yang digunakan mampu memberikan rasa simpatik atau senang pada pihak mitra tutur. Hal ini, harus diketahui mahasiswa, karena mereka akan terjun langsung ke masyarakat,” papar Pardi, yang juga menjabat Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

 

 

Lebih lanjut, dia menjelaskan, bahasa yang digunakan mencerminkan penuturnya. Selain itu, juga dapat terlihat kepribadian dan budayanya. Menurutnya, mahasiswa harus benar-benar menguasai bagaimana seni bertutur kata. “Jadi bagi mahasiswa yang nantinya ingin berhasil dalam kehidupannya, berkomunikasilah dengan bahasa yang santun,” tandasnya. (Gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239