Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Rektor: “Bahasa Indonesia Bisa Jadi Bahasa Internasional”


Minat warga asing untuk belajar bahasa Indonesia terbilang tinggi. Ini terbukti terdapat 45 negara yang membuka Program Studi (Prodi) Bahasa Indonesia, untuk diajarkan di sekolah negara masing-masing. Bahkan negara tetangga, Australia sudah ada 500 sekolah membuka Prodi Bahasa Indonesia. Lebih dari itu, hampir seluruh perguruan tinggi di negara-negara ASEAN membuka prodi Bahasa Indonesia.

 

 

Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Dr. Syamsuhadi Irsyad, MH, menyatakan, melihat animo besar warga negara lain belajar bahasa Indonesia, menandakan bahasa Indonesia dapat jadi bahasa internasional. Dia mengatakan, rencana ini harus dikembangkan, agar bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa-bahasa internasional lain.

 

“Melihat kenyataan saat ini, bahasa Indonesia sangat berpeluang besar dikembangkan jadi bahasa global. Ini karena, bisa dilihat sudah banyak penutur asing bahasa Indonesia. Menurut mereka, bahasa Indonesia mudah dipelajari dan dipahami,” kata rektor, pada Seminar Nasional bertajuk "Pembentukan Etika Berkomunikasi melalui Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia", di Auditorium Ukhuwah Islamiah UMP, Kamis (21/4).

 

Lebih lanjut, rektor mengungkap, minat belajar bahasa Indonesia bagi kalangan muda, juga terus mengalami kenaikan. Khususnya di UMP, menurut rektor, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), tak kurang 200 mahasiswa masuk per tahunnya. Ini menjadi modal untuk menyiapkan bahasa Indonesia di pentas bahasa internasional.

 

“UMP sangat peduli dengan perkembangan bahasa Indonesia. Maka dari itu, Prodi PBSI UMP memiliki staf pengajar dan sarana pra sarana yang unggul. Selain itu, UMP selalu memberikan dorongan bahasa Indonesia semakin terkenal, salah satunya dengan program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA),” tandas rektor. (Gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239