Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Wuih…! Anak SMP Kuasai Pekan Robot Nasional

 

Umur tidak selamanya menjadi parameter kemampuan. Latihan dan ketekunan menjadi kunci utama meraih keberhasilan. Ini dibuktikan sekelompok siswa SMP, yang memborong seluruh kategori pada kontes robot nasional, Automatic Robot Race. Kompetisi tersebut, digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HMTE-UMP) tengah pekan lalu.

 

 

Robot siswa-siswa SMP ditarungkan dengan kreasi anak SMA. Meski berbeda kelas, hal itu tidak menyiutkan nyali mereka. Menurut mereka Ini justru menjadi pemacu, untuk lebih berkarya. Robot-robot ciptaan mereka berhasil menyelesaikan seluruh tantangan dari penyelenggara, dengan memperoleh waktu tercepat. Selain itu, kreasi mereka sudah terbilang canggih, model, dan design-nya pun telah modern.

 

Menurut juara pertama, Alizard Rahadyan Wahyudi dari tim Tsajita 1 asal MTs Negeri Yogyakarta, kejuaraan kali ini cukup menarik, karena tidak dikategorikan secara tingkat sekolah. Dia mengatakan, itu justru menjadikan tantangan lebih baginya dan kelompok lain, yang masih seumuran dengannya.

 

 

“Kompetisi kali ini lebih ramai dan ketat. Robot-robot dari peserta lain juga banyak kemajuan. Tapi, kami bersyukur tim kami bisa juara. Ini kerja keras seluruh tim, dan juga dukungan dari pihak sekolah,” ungkap dia.

 

Sementara itu, pemenang kategori best design, M. Khalifatus Syahid dari tim MRC Warrior asal SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta menyatakan, semua peserta telah menampilkan yang terbaik, tapi yang terbaik dari yang terbaiklah yang bisa juara, “Saya dan tim merasa sangat senang bisa juara. Ini kompetisi yang ketat,” ujarnya.

 

Ketua panitia, Dharma Adi Prasetyo, para kontestan sangat variatif dalam menunjukkan hasil karya robotnya, dibanding tahun lalu. Dia mengatakan, robot-robot yang dirakit oleh peserta lebih canggih dan bentuknya beragam.

 

“Saya terkesan dengan antusiasme para peserta, yang notabene masih usia sekolah menengah pertama dan atas. Akan tetapi, kreasi mereka sangat menarik. Kemajuannya sangat terlihat dari tahun lalu. Ini membuktikan, pemuda Indonesia sudah melek dengan dunia robotika,” papar dia.

 

Wakil Rektor Bidang Alumni dan Kemahasiswaan Ir. Aman Suyadi, MP mengatakan bahwa para juara nantinya akan mendapatkan tropi, piagam dan uang pembinaan. “Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan beasiswa kepada juara 1,2 dan 3 untuk melanjutkan kuliah di UMP,” katanya.

 

Aman menambahkan bahwa beasiswa yang diberikan merupakan bentuk kepedulian UMP terhadap pendidikan dan sekaligus sebagai upaya untuk mewadahi siswa-siswa yang berprestasi. “Peserta yang bertarung dalam perlombaan robot ini, masih muda, umur SMP dan SMA. Mereka merupakan bibit unggul negeri ini, yang harus terus diwadahi. UMP yang berkomitmen menjadi perguruan tinggi yang Unggul, Modern, dan Islami. Siap mewadahi para siswa dan siswi berprestasi,” jelas dia.

 

Ajang lomba robotik ini merupakan salah satu agenda dari rangkaian milad UMP yang ke-51.  Kegiatan yang melibatkan HMTE tersebut, diikuti oleh 34 tim dari 15 sekolah berbagai daerah di Indonesia. Kompetisi ini memperebutkan juara nasional 1, 2, dan 3, bagi tim robotik yang robotnya berhasil melewati lintasan, dengan akumulasi waktu tercepat. Selain juara nasional, ada juga juara kategori I (Best Design) bagi tim robotik yang memiliki design robot terbaik.

 

Berikut para pemenang pada kompetisi Automatic Robot Race HMTE UMP 2016: Juara satu, diraih Alizard Rahadyan Wahyudi (MTs Negeri Yogyakarta); Juara dua, Satria Octaria Wibowo (MTs Negeri Yogyakarta); Juara tiga, Salman Khamdari (SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta); Best Design M. Khalifatus Syahid (SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta). (Gun)

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239