Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mekanik Robotika Cilik Tarung Kecanggihan Mesin Pintar

Puluhan mekanik robotika cilik dari seluruh Indonesia, yang masih berusia belasan tahun, bertarung kecanggihan robot di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Tak kalah dengan para profesional, mereka beradu kecanggihan, kecepatan, model, dan desing dalam kontes Automatic Robot Race, yang digelar Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) kemarin (15/4).

 

Robot yang beradu dikendalikan secara analog, dengan sebuah sensor. Robot-robot peserta, harus menyelesaikan tantangan yang diberikan penyelenggara. Tantangan berupa rangkaian race, yang diatur untuk dilewati robot-robot peserta. Selain itu, model dan design juga menjadi perhatian dewan juri.

 

Menurut ketua panitia, Dharma Adi Prasetyo, para kontestan sangat lebih variatif dalam menunjukkan hasil karya robotnya, dibanding tahun lalu. Dia mengatakan, robot-robot yang dirakit oleh peserta lebih canggih dan bentuknya beragam.

 

“Saya terkesan dengan antusiasme para peserta, yang notabene masih usia sekolah menengah pertama dan atas. Akan tetapi, kreasi mereka sangat menarik. Kemajuannya sangat terlihat dari tahun lalu. Ini membuktikan, pemuda Indonesia sudah melek dengan dunia robotika,” ungkap dia, di sela kegiatan. (Gun)

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239