Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Wow!!! Ada Adu Robot di UMP

Dahsyat, banyak robot berhamburan di auditorium Ukhuwah Islamiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kamis (14/4). Robot tersebut saling unjuk kebolehan keunggulannya masing-masing dalam ajang kompetisi robot Line Tracer Nasional 2016 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) UMP. Sebanyak 34 tim SMA dan SMP dari berbagai daerah di Indonesia ikut meramaikan, mengirimkan robotnya masing-masing.

 

 


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Aman Suyadi MP mengatakan kompetisi ini sangat baik untuk meningkatkan kreativitas dan minat siswa dibidang robotik. Selain itu, melalui lomba ini UMP ingin ambil bagian, melatih siswa agar dapat merancang robot dengan perangkat sensor yang mampu membuat robot menjalankan perintah dari manusia. Aman menjelaskan, “Sensor adalah mata sebuah robot yang berfungsi untuk membaca garis hitam dari track robot, sehingga robot mampu mengetahui kapan dia akan berbelok ke kanan, ke kiri dan berhenti,” jelasnya. Aman berharap generasi muda Indonesia dapat lebih menekuni robot.

 

 

Sementara itu, Ketua Panitia Dharma Adi Prasetio mengungkapkan, Line Tracer HMTE UMP 2016 ada beberapa hal yang menjadi penilaian yaitu ketepatan, ketepatan dan akselerasi robot yang bersangkutan. 3 hal tersebut harus mampu dilaksanakan oleh robot ketika menjalankan perintah, menunutaskkan misi menuju garis finis. Dharma menambahkan, robot yang biasanya berhasil menuntaskan misi adalah robot yang memiliki sensor sensitif. Dharma, nantinya para pemenang selain mendapatkan penghargaan juga beasiswa pendidikan dari UMP.(Ziz/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239