Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Ini Rahasia “51 Seconds” Menang Video Greeting Milad UMP

Tak disangka mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memiliki antusias besar dalam dunia perfilman. Ini terbukti dari keikutsertaan mereka pada ajang “Video Greeting Contest”, yang dihelat dalam rangka menyemarakkan milad UMP ke-51, beberapa waktu lalu.

 

Dari waktu disediakan panitia, yang hanya satu pekan, terjaring puluhan film pendek, hasil garapan sineas-sineas muda berbakat. Terpilih tiga video pemenang, dengan kategori  “Best Video”, “Terfavorit”, dan “Editors Choice”. Dari total keseluruhan film yang masuk ke meja panitia, terpilih “51 Seconds” yang digawangi Hanif Ramadhani menjadi pemenang.

 

Film pendek yang terinspirasi film Box Office Hollywood berjudul Jumper ini, berhasil memukau seluruh juri. Akhirnya, dewan juri membeberkan rahasia “51 Seconds” menjurai kontes, yang baru pertama kali diselenggarakan di UMP tersebut.

 

Pertama, “51 Seconds” memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh film pendek lain yang masuk ke dewan juri. Ini karena, cerita yang disuguhkan memberikan warna baru bagi dunia perfilman pendek mahasiswa.

 

Kedua, kreatifitas yang diusung “51 Seconds” sangat segar, bagaimana teknik gambar yang diambil, setting tempat, dan adegan-adegan dari pemerannya yang memberikan nuansa baru. Selain itu, juga editingnya juga halus, tidak kasar.

 

Ketiga, meski terinspirasi dengan sebuah film, akan tetapi “51 Seconds” dapat meramunya menjadi ide cerita baru, daya kreativitas berbeda, yang menjadikan ini sebuah film pendek, yang terjaga keoriginalitasannya.

 

Terakhir, “51 Seconds” keseluruhan isinya sesuai dengan tema yang diberikan panitia, yakni ucapan Milad untuk UMP yang ke-51. Ini karena, keharusan yang mesti ada dalam setiap video yang dikirim.

 

Ketua Panitia, Prima Indra Madjid, AMd menyatakan video greeting contest, baru satu fase pertama, karena sebenarnya ada program besar, untuk menciptakan insan-insan perfilman dari UMP kedepannya. “Pada 2016 ini, ada rangkaian festival film pendek di UMP. Pertama, video greeting contest. Itu bertujuan, memunculkan bibit sineas muda. Setelah itu, ada parade film pendek lokal UMP. Selanjutnya, untuk menambahkan skill mereka, akan diadakan workshop film pendek dengan menghadirkan pakar. Terakhir, festival film pendek nasional, yang diselenggarakan di UMP,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua Dewan Juri, Ns. Jebul Suroso, MKep, mengungkapkan, dengan diselenggarakan ajang-ajang seperti ini secara berkelanjutan. Kedepannya, akan bermunculan sineas-sineas muda berbakat Indonesia dari UMP. Menurutnya, ketrampilan mereka harus terus diasah, hingga sampai mereka benar-benar dapat unjuk gigi di perfilman nasional.

 

“Kami terus mendukung mahasiswa untuk mengembangkan bakatnya di segala bidang, baik akademis, kesenian, dan olah raga. Salah satunya ajang perfilman seperti ini. Kedepannya, akan selalu diusahakan agenda tersebut, karena ini strategi bagus untuk menjadikan alumnus UMP semakin berdaya guna untuk kemajuan Indonesia,” ungkap dia. (gun)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239