Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mahasiswa Korsel Lulus Memuaskan di BIPA

Salah satu program unggulan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) adalah Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Menurut Kepala Biro Pengembangan dan Kerjasama periode 2012-2016 Santhy Hawanti, PhD, program BIPA merupakan pelatihan yang mengajarkan bahasa Indonesia untuk warga asing agar dapat  berkomunikasi secara aktif baik lisan maupun tertulis. Tidak hanya itu saja, program BIPA juga mengenalkan budaya dan seni Indonesia. Tercatat, sampai saat ini hampir 10 pelajar asing yang mengambil program ini. Mereka berasal dari Korea Selatan, Republik Rakyat Tiongkok, New Zealand, dan Uzbekistan. Bertepatan milad ke 51 ini, salah satu pelajar asing asal korea yang bernama Bae Su Jong meyelesaikan studinya.

 

Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH mengungkapkan UMP terus mengembangkan program BIPA dengan berbagai langkah stratrgis. Harapannya pelajar asing lebih cepat berkomunikasi bahasa Indonesia.“Program BIPA UMP telah berstandar dan berkurikulum yang sesuai dengan Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APBIPA)," katanya. Sementara itu, Wakil Rektor IV Ns. Jebul Suroso, MKep menyampaikan lulusan program BIPA UMP bukan hanya lancar dalam bahasa Indonesia akan tetapi juga menguasai seni budaya Indonesia salah satunya adalah seni calung. Jebul berharap, “kelulusan ini dapat memotivasi pelajar asing lain untuk mengikuti program BIPA di UMP,”katanya.

 

Dikesempatan yang sama, Bae Su Jong mengaku senang bisa belajar bahasa Indonesia. Bae berharap, ketika kembali ke korea dia bisa mengajak dan memotivasi pelajar korea untuk belajar bahasa Indonesia."Saya senang sekali dapat belajar bahasa Indonesia di UMP. Tempatnya nyaman untuk belajar dan pengajarnya sangat kompeten di bidangnya," ungkapnya. (Ziz/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239