Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Gelar Sumpah Profesi Apoteker ke 22

Sebanyak 71 mahasiswa, yang terdiri dari 24 laki-laki dan 47 perempuan dari Program Profesi Apoteker Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di ambil sumpahnya dalam pengucapan sumpah apoteker angkatan ke 22 di aula AK Anshori UMP, Kamis (31/3). Prosesi ini adalah momen sakral bagi mahasiswa sebelum dinyatakan lulus, menyelesaikan program profesi apotekernya. Dari semua lulusan tersebut, IPK tertinggi mahasiswa menembus angka 3,89 sedangkan yang terendah 2,53.

 

Hal yang juga luar biasa adalah masa studi rata-rata mahasiswa hanya 1,2 bulan. Artinya, mereka tidak hanya menyelesaikan studi tepat waktu tetapi juga bisa lebih cepat.  Dengan masa studi tersebut, jumlah cum laudenya bisa mencapai 23 orang. 5 peringkat terbaik diraih dr. Vania Amanda, SFarm Apt dengan IPK 3,89 (terbaik pertama), Dewi Retnowati, SFarm Apt dengan IPK 3,86 (terbaik kedua). Sedangkan untuk lulusan terbaik ketiga diraih secara bersamaan oleh 3 orang yaitu Grah Retno Cahyaningrum, SFarm Apt, Meinar Kumala Dewi, SFarm Apt dan Annisa Tri Kurniasih SFarm Apt dengan IPK masing-masing 3,83. Kelimanya mendapatkan penghargaan dari UMP.

 

Ketua Program Profesi Apoteker, Anjar Mahardian SFarm, MSc, Apt memastikan lebih dari 90 % alumni profesi apoteker UMP telah terserap di berbagai macam dunia kerja, dan tidak sedikit juga yang terjun sebagai entrepreneur. Total sampai dengan hari ini, Fakultas Farmasi UMP berhasil mencetak 1161 alumni Program Profesi Apoteker yang tersebar di berbagai daerah, dalam dan luar negeri. Senada dengan Anjar, Dekan Fakultas Farmasi UMP, Dr. Agus Siswanto, MSi, Apt meyakinkan, Fakultas Farmasi UMP memiliki komitmen tinggi untuk mencetak apoteker unggul, modern dan Islami. Tidak hanya itu, seiring dengan road map UMP menuju world class university pada tahun 2031, maka Fakultas Farmasi UMP sudah menyiapkan lulusannya menjadi bagian dari internasionalisasi. 

 

Terpisah, Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH, memberikan penghargaan tinggi pada apoteker baru yang telah menyelesaikan studinya. Rektor mengatakan, UMP telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi terkait yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Dengan kerjasama itu, apoteker diharapkan dapat berperan serta dan berani mengabdikan diri ke masyarakat di luar daerah asalnya masing-masing. Generasi yang di cetak oleh UMP selain berkualitas juga siap bersaing di pasar global. Dalam kesempatan ini Rektor juga memberitahukan bahwa UMP telah membuka program studi (prodi) baru. Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristek Dikti RI) Nomor 48/KPT/I/2016, UMP membuka prodi teknologi laboratorium medik program diploma 4.

  

Selain institusi dalam negeri, rektor juga menuturkan bahwa kerjasama internasional yang telah dilakukan oleh Fakultas Farmasi UMP mengalami peningkatan luar biasa, antara lain dengan Nara Institute of Science and Technology (NAIST), Jepang dan Faculty of Science Mahidol University, Thailand.  Kerjasama yang dilakukan meliputi pelaksanaan program exchange of student-faculty and researchers, development of faculty and researchers,staff exchange program, serta mengirimkan dosen untuk melakukan riset kolaborasi dan studi lanjut S-2/S-3. Di akhir sambutan, rektor berpesan agar kader Apoteker UMP diharapkan dapat menempatkan diri sebagai bagian dari persyarikatan Muhammadiyah dan bangsa Indonesia.

 

Prosesi angkat sumpah berlangsung dengan khidmat. Calon apoteker mengucapkan sumpahnya dengan lancar di hadapan Rektor UMP, Dekanat, Ketua Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Jawa Tengah, Drs Jamaludin A J Effendi Apt, Komite Farmasi Nasional (KFN), Drs. Bambang Triwara, SP, FRS, Apt dan jajaran instansi pemerintah daerah. (Pra)

 

 

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239