Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Lepas 595 Mahasiswa di Wisuda ke 56

Sabtu (26/03), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) gelar wisuda tahun akademik 2015-2016 program magister, sarjana dan diploma bertempat di auditorium Ukhuwah Islamiyah. Wisuda yang ke 56 ini diikuti oleh 595 wisudawan. Lulusan terdiri dari program S1 sebanyak 594 dan Diploma III sebanyak 1 orang. Acara dihadiri oleh Majelis Dikti PP Muhammdiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Banyumas (PDM), jajaran Badan Pelaksana Harian (BPH), rektorat, senat, dekanat, civitas akademika dan keluarga wisudawan.

 

Rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH mengucapkan selamat pada seluruh wisudawan yang telah resmi mendapatkan gelar. Rektor juga mengatakan, sejak didirikan pada tanggal 5 April 1965 hingga sekarang UMP telah berumur 51 tahun. Dalam perkembangannya, UMP mampu membuktikan diri sebagai salah satu Perguruan Tinggi Islam terbesar di Banyumas dan terbaik untuk beberapa rangking di Jawa Tengah. Sejak awal didirikan, UMP merupakan tempat belajar bagi generasi muda yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dengan budaya dan bahasa lokalnya masing-masing. Sejalan dengan program internasionalisasinya, UMP menerima banyak mahasiswa asing untuk menempuh studi di UMP.

 

Rektor juga meyakinkan, UMP telah menerima mahasiwa asing melalui program tertentu untuk berbagai macam kegiatan. Hal ini membuat suasana belajar dan mengajar di UMP terasa nasional sekaligus internasional. Di Usia Emas ini, melalui Surat Keputusan Badan Akreditasi  Institusi Perguruan Tinggi Nomor 189/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2015 tanggal 10 April 2015, UMP berhasil meraih peringkat akreditasi institusi B (Baik). Dengandiperolehnya akreditasi institusi ini, otomatisUMP dapat meningkatkan daya tarik masyarakat untuk kuliah dan bermitra dengan UMP, di samping meningkatkan semangat untuk beraktivitas bagi seluruh civitas akademika UMP. Tak lupa UMP juga terus berbenah meningkatkan kualitas dosen dan kualitas lulusannya, dengan menambah berbagai fasilitas penunjang. Pembangunan UMP yang saat ini sedang berlangsung, diharapkan pada masa mendatang akan dapat menjadi salah satu barometer pendidikan tinggi di Indonesia.

 

Di akhir sambutan rektor berpesan kepada wisudawan agar dapat memanfaatkan dengan baik bekal dan pengalaman yang telah didapat selama kuliah, baik pengalaman dalam organisasi kemahasiswaan maupun pengalaman dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah.Bagi wisudawan yang masih ingin membekali diri untuk meraih jenjang pendidikan lebih tinggi, rektor menyarankan agar segera mengambil kuliah Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor baik di dalam maupun di luar negeri atau mengambil kursus singkat guna meningkatkan softskills yang guna menunjang kesiapan untukberkiprah di masyarakat agar lulusan perguruan tinggi Muhammadiyah mampu menunaikan peran dalam masyarakat sebagai kader persyarikatan, umat dan bangsa.

 

Terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik, Anjar Nugroho SAg, MSI, menjelaskan, wisuda ke-56 kali ini diikuti oleh wisudawan yang berasal dari berbagai daerah tidak hanya dari Jawa Tengah dan sekitarnya, tetapi juga berasal dari luar Jawa seperti Jambi, Maluku, Maluku Utara, Riau, Sumatra Selatan, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan. Sedangkan dari latar belakang keilmuan, dari 595 wisudawan mereka berasal dari berbagai program studi yaitu, 266 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 18 orang dari Fakultas Agama Islam (FAI), 133 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 51 orang dari Fakultas Teknik (FT), 11 orang dari Fakultas Pertanian (FAPERTA), 22 orang dari fakultas psikologi, 58 orang dari Fakultas Farmasi, 4 orang dari Fakultas Sastra, 9 orang dari Fakultas Hukum (FH), dan 23 orang dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES).  Total, sampai saat ini, jumlah Magister, Sarjana, Ahli Madya, dan Ahli Muda yang telah dihasilkan oleh UMP sebanyak 26.964 alumni, dengan rincian sebagai program Magister 155, Sarjana  19.721, Diploma III 2.602,  Diploma II 1.553,  Akta Mengajar 1.332, Profesi Apoteker 1.089 dan Profesi Ners 512.

 

Dalam setiap gelaran wisuda, UMP selalu memberikan apresiasi tinggi bagi wisudawan terbaik. Seperti di wisuda ke 56 kali ini, UMP pun memberikan penghargaan pada lulusan terbaiknya. Wisudawan terbaik pertama diraih oleh yaitu Giarsiana Handoyowati (Fakultas Pertanian/IPK 3.91), disusul oleh Mei Kurniasari sebagai terbaik kedua (FKIP/IPK 3.90), dan Egi Delliana terbaik ketiga (FEB/IPK 3.89). Selain penghargaan kepada lulusan terbaik dengan prestasi akademik, UMP juga memberikan penghargaan kepada wisudawan terbaik di bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan sesuai dengan Surat Keputusan Rektor No. Nomor: A12.II/100-S.Kep/UMP/III/2016. Adapun nama-nama wisudawan tersebut adalah Rizki Sahar Yufranto (FAI), Cikun (FKIP), dan Wildan Ahid Mujamal (FKIP).

 

Lulusan terbaik pertama dengan prestasi akademik, Giarsiana Handoyowati mengungkapkan bahwa ia mewakili teman-teman lainnya, sangat bangga pernah menjadi bagian dari UMP yang berbasis kepada nilai-nilai Islam dan kemoderenan serta mengedepankan aspek-aspek keunggulan. Di UMP, ia mendapatkan pelatihan dan pembinaan hard skill dan soft skill yang luar biasa. Training BEST, Smart dan Success membawa mahasiswa bisa menyadari akan pentingnya sukses dan upaya untuk meraihnya secara positif. Ia juga bangga telah diterpa secara akademik di fakultas dan program studi. Profesionalisme pengelolaan fakultas dan program studi begitu kental terasa. Mulai dari perkuliahan, kegiatan di laboratorium, praktek lapangan sampai penelitian skripsi, semua terlayani dengan hati, sehingga mahasiswa menjalani proses pembelajaran dan akademik dengan lancar sampai pada akhirnya  diwisuda pada hari ini. Ia juga sangat bersyukur bisa bersilaturrahmi dan berinteraksi selama studi dengan semua komponen universitas, mulai dari bapak Rektor, dekan, kaprodi sampai pembantu pelaksana. “Sungguh sebuah jalinan yang tidak semata-mata hubungan formal antara mahasiswa dan pimpinan, tetapi lebih dari itu, inilah hubungan yang penuh emosi dan rasa, sebagaimana kami juga merasakan hubungan itu antara kami dengan orang tua kami atau saudara-saudara kami,” tuturnya. (Pra)

 

 

 

 

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239