Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Ribuan Jamaah ikuti Shalat Gerhana Matahari Total

Purwokerto-Menyambut gerhana matahari total, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menjadi amal usaha persyarikatan Muhammadiyah menggelar shalat sunnah gerhana matahari di Masjid KH Ahmad Dahlan UMP, Rabu (9/3). Acara tersebut diikuti olehcivitas akademika UMP dan ribuan jamaah dari berbagai wilayah di Kabupaten Banyumas.Bertindak sebagai Imam dan khatib, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad MH selaku Rektor UMP.

 

 

 

Dalam khotbahnya Rektor menyampaikan, shalat gerhana matahari merupakan implementasi dari ajaran Nabiyullah Muhammad SAW yang bertujuan untuk meminta perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT.Selain itu, shalat gerhana juga merupakan salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Allah,karena gerhana matahari total adalah fenomena alam yang sangat langka terjadi.

 

Lebih lanjut,Rektor menjelaskan bahwashalat gerhana matahari dilaksanakan untuk menghindari mitos-mitos. Sebab, terjadinya gerhana matahari seringkali dikaitkan dengan kepercayaan. Rektor mengatakan terdapat suatu riwayat yang menceritakan bahwa telah tejadi gerhana matahari pada zaman Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam yaitu pada wafatnya Ibrahim (Putra Nabi). Saat itu,  berdasarkan riwayat tersebut orang-orang kemudian berkata bahwa terjadinya gerhana matahari karena wafatnya Ibrahim atau putra Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassallam. Atas adanya anggapan tersebut, maka kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam bersabda, "Sesungguhnya terjadinya gerhana matahari dan bulan itu bukan karena wafatnya seseorang dan tidak juga karena hidupnya seseorang. Maka apabila kalian melihat (kejadian gerhana) segera shalatlah dan berdoalah kepada Allah.ungkapnya. Rektor berharap  fenomena alam tersebut dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.(Ziz)

 

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239