Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

PGSD UMP Selenggarakan Gebyar 2016

Purwokerto-Kembangkan bakat dan sportivitas anak bangsa, Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (PGSD FKIP UMP) menggelar acara bertajuk Gebyar PGSD 2016. Gebyar PGSD merupakan agenda tahunan prodi PGSD FKIP UMP yang ditujukan bagi siswa SD/MI tingkat se-Karsidenan Banyumas, yang kali ini masuk tahun ke 8. Mengangkat tema “Kembangkan Bakatmu, Tunjukan Sportivitasmu, dan Raih Prestasi Bersama Gebyar HMPS PGSD”, acara ini dilaksanakan di auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Sabtu (5/3). Acara ini juga dihadiri oleh Jajaran Dinas Pendidikan Banyumas, Jajaran Dekan FKIP, Dosen PGSD serta perwakilan dari HMPS.

 

 

Ketua panitia Sutrimo menyampaikan, kegiatan ini merupakan ajang untuk mengembangkan potensi diri siswa dalam meraih prestasiAda 3 jenis lomba yang dipertandingkan dalam gebyar kali ini yaitu Lomba Cerdas Cermat (LCC), melukis dan tahfiz. Lomba tersebut diikuti 93 peserta, dengan rincian lomba LCC 12 regu dengan setiap regunya terdiri dari 3 peserta, melukis 27 peserta dan tahfiz 30 peserta.

 

Di kesempatan terpisah, Dekan FKIP Drs. Pudiyono MHum menyambut positif kegiatan yang digelar oleh PGSD UMP. "Kegiatan ini sangat positif. Setiap individu pada dasarnya memiliki potensi. Persoalannya adalah bagaimana potensi itu tampil sebagai prestasi," terangnya. Pudiyono menambahkan gebyar PGSD sangatlah strategis, kegiatan ini mampu mengembangkan kompetensi untuk menjadi guru profesional.”Ada 4 kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi guru profesional yaitu kompetensi profesional, kompetensi sosial,kompetensi individual dan kompetensi pedagogis. Dalam hal ini, kompetensi profesional dikembangkan dari kegiatan LCC, dan kompetensi sosial dikembangan melalui hubungan antara PGSD dengan masyarakat,”ungkapnya.

 

Peserta nampak antusias mengikuti lomba. Di akhir acara pantia mengumumkan nama pemenang, 3 terbaik. Juara pada LCC disabet juara 1 SD Sokanegara 1, juara 2 MIM Sambas Purbalingga, juara 3 SD Sokanegara 1, sedangkan untuk lomba melukis juara 1 Atiq Mardiyah dari SD N 1 Kotayasa, juara 2 Latifah Nurtanti Ansyah dari SD N 1 Kotayasa, juara 3 Nisrina Sabina dari SD N 1 Sokanegara, kemudian untuk lomba tahfiz juara 1 Nanda Rezqy H dari SD Al Irsyad Al Islamiyah 1 Purwokerto, juara 2 Syofi Latifah  dari MI Istiqomah Sambas Purbalingga dan juara 3 Salwa Indah O dari MIM Kedungjampang Purbalingga. Semua pemenang bukan hanya mendapatkan tropi juara tetapi penghargaan dari UMP. (Ziz)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239