Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

Mentor Berprestasi UMP Bahas LGBT

Tingkatkan nilai keislaman mahasiswa, Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto (LPPI UMP) adakan seleksi mentor dan mentee berprestasi 2016. Acara ini merupakan ajang untuk mendorong mahasiswa memaksimalkan potensi, mengembangkan keterampilan, serta meningkatkan pemahaman dan mengamalkan ajaran islam. Acara yang bertempat di kantor LPPI ini diikuti oleh 51 mahasiswa aktif dari berbagai fakultas, Rabu (24/2).

 

Setelah melalui seleksi ketat, ada 2 pemenang terpilih yaitu Rhoro Qurota A’yun dan Agung Prabowo. Rhoro, mahasiswa program studi pendidikan matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terpilih menjadi mentee (Putri) berprestasi. Sedangkan Agung yang berasal dari fakultas psikologi berhasil meraih predikat mentor berprestasi. Rhoro yang juga kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) mengaku senang bisa terpilih menjadi mentee berprestasi. Rhoro terpilih berkat karya tulisnya yang mengangkat permasalahan Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT). Dalam kajiannya, Rhoro memaparkan 4 aspek tinjauan yang perlu diperhatikan tentang LGBT yaitu aspek kesehatan, aspek sosial, aspek pendidikan, serta aspek keamanan. Menurutnya keempat aspek ini perlu diperhatikan dengan seksama dalam penanganan LGBT. Di akhir paparannya, Rhoro memberikan solusi tentang penananganan LGBT yaitu menumbuhkan kesadaran individu pelaku LGBT dengan mengenal musuh dan melawan musuh abadi manusia (syaitan). Rhoro meyakini salah satu penyebab utama lahirnya LGBT adalah adanya bisikan syaithan untuk menyesatkan manusia keluar dari kodratnya. Rhoro berharap prestasinya dapat dijadikan motivasi untuk mahasiswa yang lain. "Mentor yang baik itu memberitahu, agar yang tidak mengerti menjadi paham. Mentor yang lebih baik itu menjadi teladan, agar orang lain punya panutan. Tapi mentor terbaik adalah yang menginspirasi, agar generasi selanjutnya punya impian,"ungkapnya.

 

Tidak kalah mantapnya, karya tulis Agung Prabowo yang juga membahas tentang LGBT dengan judul "Bagaimana Seorang Muslim Menyikapi LGBT" Agung menekankan 2 aspek yang perlu diperhatikan dalam LGBT yaitu aspek psikologi dan aspek agama. Agung meyakini bahwa solusi LGBT adalah dengan terus menerus memberikan pemahaman melalui metode spiritual, emosional dan qolbu. Agung mengungkapkan, “Salah satu contohnya adalah dengan sentuhan hati (dzikir) yang dapat membebaskan diri dari berbagai belenggu kegelapan penyimpangan,” katanya. Agung berharap semua manusia tidak terlena dengan kepentingan nafsu belaka karena kehidupan dunia sesungguhnya tidak kekal. UMP sendiri menyambut positif kedua juara ini. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni memastikan, keduanya selain mendapatkan penghargaan beasiswa juga mendapatkan sit in Malaysia-Singapura. (Ziz/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239