Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UMP Helat Lomba Matematika Nasional

Ikut andil cerdaskan bangsa, Himpunan Mahasiswa Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (HIMATIKA FKIP UMP) gelar  Lomba Matematika Nasional (LMN) 2016 di auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Minggu (21/2). Lomba ini adalah agenda tahunan prodi matematika FKIP UMP yang ditujukan bagi siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK.JIka di bandingkan tahun sebelumnya, ada peningkatan jumlah peserta yang cukup besar. Tercatat, ada 828 peserta yang terdiri dari berbagai sekolah di Indonesia, 336 peserta SD/MI, 249 peserta SMP/MTS, dan 243 peserta SMA/MA.

 

 

 

Dengan mengusung tema “Explore your Intelligence and be Smart through Mathematics Competition”, ketua panitia, Adytias Nugroho memastikan animo siswa terhadap lomba ini semakin besar. Lomba ini akan terbagi dalam 2 sesi,pertama adalah penyisihan yang diikuti seluruh peserta untuk memperebutkan 15 terbaik.Kemudian yang lolos penyisihan akan maju ke sesi 2, memperebutkan posisi 5 terbaik.

 

 

 

Acara bukan hanya dihadiri oleh peserta, Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein, juga ikut hadir membuka acara. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan, matematika tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Menurutnya, matematika adalah modal utama dalam menganalisa berbagai masalah aspek kehidupan. Ia meyakinkan, anak yang gemar matematika merupakan calon pemimpin yang daoat menyelesaikan masalah kehidupan (problem solver). “Matematikawan yang sukses adalah matematikawan yang selalu melatih diri dengan problem baru. Ada 5ciri seorang matematikawan yang sukses yaitu tepat, cepat, teliti, pantang menyerah dan tekun,”katanya.

 

 

 

Terpisah, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni  Ir. Aman Suyadi, MP menyambut hanya semua peserta yang telah hadir dari berbagai wilayah di Indonesia. Aman berharap, lomba ini jug dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh guru pendamping untuk melihat potensi akademik siswan di bidang matematika. Aman meyakinkan, UMP memiliki komitmen tinggi untuk ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahkan, lulusan UMP bukan hanya siap menjadi kader persyarikatan tetapi juga masyarakat dan negara.

 

 

 

Peserta nampak antusias mengikuti lomba. Di akhir acara ada pantia mengumumkan nama pemenang, 3 terbaik. Pada Tingkat SD/MI juara 1 disabet oleh Rizky Budi Saputra dari SD N Mersi, juara 2 Haikal Haydar Putra SDK Tritunggal Semarang, juara 3 Muhammad Samudra dari SD N 1 Kutosari. Sedangkan untuk SMP/MTS juara 1 disabet oleh Claudeon Reinard Susanto dari SMP PL Domenico Savio, juara 2 Justin Adrian Halim dari SMP PL Bintang Laut, juara 3 Markus Leonard Wijaya dari SMP Theresiana 1. Kemudian untuk tingkat SMA/SMK/MA juara 1 di raih olehAlina Nurul Faisa dari SMA N 2 Purwokerto, juara 2 Ali Purnomo Sidik dari SMA N 1 Cilacap, juara 3 Hanif Ainurrizqi Aryadi dari SMA Kesatuan Bangsa Bantul.Semua pemenang bukan hanya mendapatkan tropi juara tetapi penghargaan dari UMP. (Ziz/Pra)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239