Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

SD UMP Selenggarakan Wisuda Iqro

Purwokerto- semakin luar biasa, Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (SD UMP) dalam mensyiarkan pentingnya pendidikan Al Qur’an untuk dijadikan pendidikan Islami berakhlak unggul. Selain itu, SD UMP juga memiliki 13 program unggulan : fullday school, intensif iqro khatam 5 bulan, intensif baca tulis Al Quran, shalat dhuha, shalat dhuhur jamaah, hizbul wathan, ISMUBA, outbond, outing class, outdoor study, tutorial, remedial dan parent teaching day, SD UMP juga lekat dengan deretan prestasi. Sepanjang sepekan terakhir, SD UMP tercatat meraih juara 1 Bulutangkis putra dan putri, juara 1 catur, kejurkap taekwondo dengan mendapatkan 5 emas, 1 perak dan 1 perunggu.

 

 

Jumat (29/1), SD UMP kembali membuktikan salah satu program unggulannya, “iqro khatam 5 bulan” berhasil mencetak generasi Islam berakhlak mulia. Dengan kembali mewisuda 71 siswa, yang terdiri dari 30 siswa laki-laki, dan  41 siswa perempuan. Kegiatan wisuda Iqro’ adalah kegiatan rutin tahunan yang diperuntukan bagi siswa-siswi yang sudah menyelesaikan Iqro’nya sehingga mereka fasih membaca Al Qur’an). Hadir dalam acara Rektor, ketua program studi PGSD beserta jajarannya, Ketua pengelola SD UMP, Kepala Aisiyah dan wali siswa.  Acara ini bertempat di Aula A.K Anshori Lantai 3 Rektorat.

 

Wakil Kepala Sekolah SD UMP Thomas Utomo, SPd mengatakan, program ini adalah salah satu program ungulan rangkaian baca tulis Al Qur’an, agar siswa mampu mengenal, merangkai dan membaca huruf hijaiyah. Program ini bertujuan sebagai langkah untuk memberantas buta huruf Al Qur'an dan menunjang pembelajaran Al-Islam. Thomas mengharapkan siswa lulusan SD UMP mampu membaca dan menulis Qur’an dengan baik. 

 


Pengawas PAI Kecamatan Kembaran, H. Yapin Mahmud juga mengungkapkan, siswa sangat perlu diberi pelajaran iqro untuk mengenal baik bacaan dan tulisan Iqro. Adanya pembelajaran iqro ini sebagai upaya bagi anak didik untuk selalu memahami Al Qur’an dan hadist. SD UMP senantiasa terus mengembangkan Integritas Islam sehingga menjadi contoh generasi yang baik, cerdas dan berakhlak mulia.

 

 

Rektor UMP Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, M.H dalam sambutannya mendukung penuh program pembelajaran Iqro di SD UMP, Rektor mengharapkan ketika lulusan SD UMP dapat menghafal minimal 2 juz ditambah hafalan hadist dan do’a-do’a lainnya. Masih menurutnya, Rektor  mengharapkan agar SD UMP mempunyai keunggulan lain untuk mengembangkan kualitas pembelajaran kedepannya. “Pihak sekolah terus berupaya untuk mengembangkan dan mengalakkan budaya menghafal Al Qur’an di SD dengan harapan semakin banyak mampu menghasilkan murid sebagai hafiz Qur’an,”ujarnya. Sehingga, kepercayaan masyarakat semakin besar untuk menyekolahkan putra/putrinya di SD UMP.(Ziz)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239