Error
  • JLIB_DATABASE_ERROR_FUNCTION_FAILED

UNISMA Studi Banding ke UMP

Keberadaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FKIP UMP), semakin menarik minat universitas lain untuk melakukan studi banding, terbukti telah kesekian kalinya, baik dari segi program studi (Prodi) maupun fakultas sudah banyak menerima tamu yang melakukan studi banding. Suatu kehormatan bagi UMP, yang kali ini mendapatkan kunjungan dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Islam Empat Lima Bekasi (PGSD UNISMA), pada Senin, 11 Januari 2016.

 

 

Acara penyambutan tamu dari UNISMA bertempat di aula AK.Anshori, yang sebelumnya didahului melakukan upacara bendera bersama di halaman kantor pusat UMP. Dalam prosesi upacara bendera ini, dihadiri juga Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama UMP, Ns. Jebul Suroso Mkep dan seluruh civitas akademika FKIP UMP dan UNISMA, yang terdiri dari jajaran dekanat, dosen dan lebih dari 500 mahasiswa gabungan PGSD UMP dan UNISMA berjajar dengan rapih dan khidmat mengikuti jalannya upacara. Wakil Rektor 4 UMP, Ns. Jebul Suroso Mkep bertindak sebagai pembina upacara. Dalam prosesi Pengibaran bendera, nampak berjalan dengan sakral yang dilakuakan oleh 9 mahasiswi PGSD terpilih.

 

Kedatangan tamu UNISMA disambut baik oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama UMP, Ns. Jebul Suroso Mkep. Dalam sambutannya Jebul menyampaikan, kegiatan ini merupakan kesempatan bagus, yang memang sudah seharusnya setiap kampus harus berbagi informasi antar satu dengan yang lainnya. Studi banding ini juga bisa menjadi bahan diskusi yang saling menguntungkan tentu dari pihak terkait mengenai kemajuan fakultas maupun prodi. WR 4 berharap,“studi banding ini akan membawa manfaat bukan hanya untuk UMP dan UNISMA saja tetapi juga berguna untuk mencetak guru yang berkualitas bagi pendidikan di Indonesia,” katanya. UMP juga berkomitmen menjalin kerjasama dengan universitas bukan hanya dalam negeri saja tetapi juga luar negeri, tambahnya.

 

Kesan hangat juga dirasakan oleh Wakil rombongan Fauzi Firdaus MPd, dengan mengenalkan civitas akademika yang hadir dalam pertemuan dan perwakilan rombongan PGSD UNISMA. Fauzimenyampaikan maksud kedatangan dalam rangka studi banding ke UMP, ia menuturkan “Hari ini akan dimanfaatkan dengan baik oleh kami, dalam sehari lebih dekat dengan UMP. Kami mewakili rombongan juga mengucapkan terima kasih kepada Jajaran civitas akademika UMP yang telah menyambut kedatangan kami dengan hangat dan penuh kekeluargaan,” ujarnya. Fauzi berharap studi banding ini bisa menjalin kerjasama antara dua prodi khususnya atau dua instansi umumnya. Semoga awal studi banding ini bisa lebih memajukan  kedua universitas.

 

 

Sementara itu, Drs. Sri Harmianto, MPd, Ketua Prodi PGSD FKIP UMP menjelaskan tentang prodi diantaranya garis besar kurikulum yang berlaku, keunggulan prodi, upaya percepatan kelulusan, dan kegiatan rutin prodi yang melibatkan mahasiswa (seperti studi laboratorium, ekstrakulikuler dan seminar nasional rutin tahunan). Harmianto berharap pertemuan ini dapat dampak positif bagi UNISMA dan UMP. Setelah acara resmi, para tamu dari UNISMA berkunjung ke SD UMP, ruang Prodi PGSD serta dilanjutkan dengan sarasehan antar Prodi dan HMPS dengan disuguhkan berbagai hasil karya mahasiswa PGSD dari berbagai angkatan. Acara dilanjutkan dengan berkunjung melihat fasilitas yang tersedia seperti perpustakaan, laboratorium, serta ruang kelas yang dimiliki PGSD UMP. (Ziz)

Arsip Berita

Kontak Kami

 

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jl. Raya Dukuh Waluh, PO BOX 202

 Purwokerto 53182

Kembaran Banyumas

Telp : (0281) 636751, 630463, 634424

Fax  : (0281) 637239