Laporan Khusus
Sarana Prasarana Terus Ditingkatkan
Rabu 12 September 2018      Laporan Khusus
Sarana Prasarana Terus Ditingkatkan

Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) semakin memantapkan dirinya. Selain membenahi diri dalam hal akademik, kemahasiswaan, dan jejaring kerjasama, UMP juga makin melengkapi dirinya dengan berbagai sarana prasarana yang memadai, tata kelola yang baik dan ketersediaan SDM yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dibawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum Drs. H. Joko Purwanto, M. Si,. UMP kini telah berubah menjadi salah satu perguruan tinggi yang diperhitungkan di Indonesia. Catat saja, UMP merupakan perguruan tinggi swasta  terbesar di Jawa Tengah bagian barat, yang terakreditasi B. UMP menempati peringkat ke-2 Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM)terbaik di jawa tengah, dan peringkat ke 6 di Indonesia.

 

Bukan perkara mudah mendapatkan label hingga setinggi yang diraih UMP saat ini. Pengorbanan, kerja keras, dan do’a yang tidak pernah putus menjadikan UMP berada di posisi tersebut. Secara kasat mata, UMP telah berubah menjadi perguruan tinggi berkualitas. Hal ini terbukti dari sarana prasarana, SDM, dan model pengajaran yang lengkap serta bermutu.

 

UMP dengan nafas Unggul, Islami, dan Modern-nya, terus melakukan pengembangan kualitas SDM, sarana dan prasarana. Pengembangan asrama untuk mengembangkan visi Islami dengan kapasitas 500 mahasiswa terus dilakukan untuk mencapai target Hafidz Quran. Ini karena, UMP memiliki capaian lebih tinggi. Adapun, sebagai bentuk komitmen UMP menyediakan tenaga pengajar yang berkualitas, UMP selalu mendorong tenaga pengajar agar selalu meng-up grade diri baik dengan studi lanjut, pelatihan dan kegiatan ilmiah lainnya.

 

 “Berbicara pengembangan SDM kami akan mengkatagorikan study lanjut baik dalam negeri maupun diluar negeri, semua dosen tengah melanjutkan studi lanjut S3 bahkan banyak yang sudah ke luar negeri, kalau toh nda bisa, boleh di dalam negeri. Jika mereka tidak dapat beasiswa dari luar pun UMP akan memfasilitasi,” kata Joko Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum.

Lebih lanjut Joko mengatakan, pengembangan SDM akan dipetakan dan diminta untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya dan terintegrasi di bidang IT. “Lalu untuk pengembangan SDM, kita petakan karyawan-karyawan yang punya pendidikan D3 akan kita minta untuk melanjutkan pendidikan S1, dan yang sudah S1 sudah mulai melanjutkan S2, dimulai dengan kepala biro yang melanjutkan S2nya,” pungkasnya.

Disamping itu juga nanti khususnya para karyawan akan di kembangkan kemampuan keterampilannya. “Bagaimana mereka memiliki kamampuan keterampilan yang lebih dengan mengikuti workshop atau pelatihan-pelatihan yang biasa kita lakukan,” katanya

Lebih lanjut, Joko Purwanto menambahkan, Ketika berbicara fasilitas ruangan maka kita akan optimalisasi ruangan, dan secara bertahap UMP akan melakukan pengembangan kampus dua, dan pengembangan asrama untuk mengembangkan visi Islami dengan kapasitas 500 mahasiswa. Belum cukup sampai disitu, Joko juga telah menerapkan pengembangan IT di bidangnya. “Kami merancang bagaimana semua IT itu ter integrasi, jadi pengembangan IT terintegrasi dan data base yang terintegrasi, sehingga nanti selambat-lambatnya dua tahun itu UMP sudah berbasis IT. Itu selambat, lambatnya mas, jadi semakin cepat semakin baik,” tandasnya.

Lebih lanjut,Joko Purwantomengungkapkantelah berubah menjadi perguruan tinggi disegani, tidak seperti 20 atau 30 tahun silam. Pada tahun-tahun itu, kata dia, UMP masih perlu banyak pembenahan dari sisi gedung, SDM, dan keuangan. Meski demikian, dengan kristalisasi keringat dan konsep matang, UMP dapat seperti saat ini.

“Dalam rangka mendapatkan sumber dana kemahasiswaan, kami juga membangun unit usaha yang nanti bisa memperoleh pendapatan dan bisa untuk dimanfaatkan anak yatim piyatu,” ungkap dia.

Dia mengungkapkan, setidaknya ada lima aspek yang meanjadi fokus pengembangan UMP secara berkelanjutan, yakni pertumbuhan jumlah mahasiswa, modernisasi IT, ketersediaan dana, kesejahteraan dosen dan karyawan, dan ketepatan penggunaan anggaran. Menjelaskan, student body akan terus diupayakan naik tiap tahun. IT diintegrasikan untuk seluruh kebutuhan penjalanan manajemen UMP. (tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait