Kemahasiswaan
Bupati Banjarnegara Sambut Baik Mahasiswa KKN UMP
Kamis 11 Januari 2018      Kemahasiswaan
Bupati Banjarnegara Sambut Baik Mahasiswa KKN UMP

Hadirnya mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Banjarnegara disambut baik Bupati Budi Sarwono. berharap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) bisa menularkan ilmu yang selama ini didapati dari kampus. 

Mahasiswa juga harus bisa menyerap kearifan lokal masyarakat tempat KKN dilaksanakan.

“Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mulai tahun 2018 telah merintis kerjasama dengan UMP dalam bidang Penelitian dan Pengembangan secara umum, salah satunya yaitu Kuliah Kerja Nyata,” ungkap Bupati, dalam menyambut program KKN tersebut.

Ia menjelaskan, KKN merupakan salah satu peran Perguruan Tinggi kepada masyarakat dalam rangka melakukan pengabdian kepada masyarakat sesuai amanat tri darma Perguruan Tinggi.

“Dengan menerjunkan mahasiswa dalam program KKN diharapkan dapat memberikan semangat baru, suasana baru, ilmu baru khususnya bagi warga masyarakat pedesaan dalam rangka percepatan pembangunan di berbagai bidang,” katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, penempatan KKN UMP Banjarnegara berada di delapan desa di kecamatan Wanadadi dan 9 desa di kecamatan Punggelan. “Melalui penempatan itu, pemerintah Banjarnegara memiliki harapan kepada para mahasiswa UMP yang melaksanakan KKN agar dapat memberikan sumbangan motivasi kepada masyarakat dan generasi muda yang ada di desa untuk semangat dalam melanjutkan studi pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bilamana memungkinkan sampai Perguruan Tinggi,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Bupati, mahasiswa dapat membangun dan menumbuhkan kehidupan suasan religius khususnya dalam rangka menekan kenakalan remaja. Menurutnya mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat akademis, diharapkan dapat memberikan pencerahan dan pembelajaran ilmu pengetahuan sehingga dapat meningkatkan kehidupan masyarakat dengan nilai tambah pada masyarakat dalam mengolah hasil produksi pertaniaan.

“Mahasiswa KKN dapat bergaul secara terbuka dan bersilaturahmi dengan masyarakat sehingga dapat mengenal kehidupan pedesaan sehingga pengalaman selama KKN akan sangat bermanfaat sebagai bekal kehidupan mereka di masa yang akan datang,” pungkasnya [asr/tgr]

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait