Kemahasiswaan
HMPS PBSI UMP BAKAL GELAR SEMINAR NASIONAL MELALUI GERAKAN LITERASI
Selasa 14 November 2017      Kemahasiswaan
HMPS PBSI UMP BAKAL GELAR SEMINAR NASIONAL MELALUI GERAKAN LITERASI

Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HMPS PBSI) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), bakal menggelar Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia di Auditorium Ukuwah Islamiyah UMP, Kamis (30/11/2017) mendatang.

Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia ini mengambil tema ‘Menciptakan Generasi Muda yang Bangga Berbahasa dan Bersastra Indonesia Melalui Gerakan Literasi’.

Ketua HMPS PBSI UMP, Bella Alivia, berharap melalui seminar nasional ini dapat tercipta kesadaran generasi muda yang lebih bangga dengan bahasanya sendiri untk memperkuat gerakan literasi baik di masyarakat kampus maupun masyarakat pada umumnya. “HMPS PBSI berupaya menghadirkan kegiatan sebagai bagian dari kesadaran pentingnya berbahasa dan bersastra Indonesia.” ujar Bella Alivia.

Menurutnya, kesadaran berbahasa Indonesia generasi muda tengah mengalami penururan. Generasi muda jauh lebih asyik menggunakan kosakata asing dalam pergaulan mereka. Istilah dan kata-kata asing, lanjut Bela, itu justru hanya boleh  dan layak digunakan pada wahana yang sulit dicarikan padanan dalam bahasa Indonesia.

“Sebagai bagian dari rangkaian Bulan Bahasa, HMPS PBSI akan menggelar seminar nasional dengan tema Menciptakan Generasi Muda yang Bangga Berbahasa dan Bersastra Indonesia melalui Gerakan Literasi,” katanya.

Jafar Shodik, Ketua Panitia kegiatan menjelaskan, untuk pedaftaran seminar bisa dilakukan dengan cara langsung ke tempat pendaftaran yang telah disediakan oleh panitia. “Untuk pendaftaran bisa langsung ke lobi gedung G atau ke sekretariatan HMPS PBSI di belakang gedung F,” ungkapnya.

Seminar rencananya akan menghadirkan dua pembicara ternama, yakni Dr Tirto Suwondo, M.Hum dan Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U,. M.A.  [asr/tgr]

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait

UMP Terkini