Kemahasiswaan
Ini yang dilakukan Mapala "Satria" UMP dalam memperingati Hari Bumi
Senin 3 Mei 2021      Kemahasiswaan
Ini yang dilakukan Mapala

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) "Satria" Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melakukan aksi penggalangan dana dan membagikan sajian berbuka puasa dalam rangka memperingati Hari Bumi.

"Hari Bumi adalah acara tahunan yang diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 22 April," kata Koordinator Kegiatan Hari Bumi Mapala "Satria" UMP Raihan di Purwokerto, Jumat.

Menurut dia, peringatan Hari Bumi ditujukan untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan, sehingga aksi yang digelar pada tanggal 22 April 2021 dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia, yaitu Bumi. "Tahun ini, kami melaksanakan di halaman kampus," katanya.

Ia mengatakan sedikitnya 150 tote bag dan sajian berbuka puasa dibagikan oleh anggota Mapala "Satria" UMP kepada masyarakat sekitar kampus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Selain itu, kata dia, anggota Mapala "Satria" juga melakukan aksi penggalangan dana di dalam dan sekitaran kampus sebagai bentuk solidaritas untuk korban bencana alam yang melanda Nusa Tenggara Timur. 

"Jadi, kegiatan tersebut merupakan serangkaian acara, yaitu pembagian tote bag, takjil, dan penggalangan dana. Tema kegiatan kami adalah Cinta Bumi Kurangi Sampah Plastik. Sampah plastik mempunyai dampak kurang baik untuk lingkungan dan harapannya ayo bersama-sama kita beralih dengan membawa tas kemana pun," katanya.

Ia mengatakan kegiatan tersebut mendapat respons baik dari pihak Universitas maupun warga sekitar kampus karena saat menunggu waktu berbuka puasa bisa memperoleh pemahaman tentang Hari Bumi serta mendapatkan bingkisan yang dibagikan secara gratis. (pla/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait