Kemahasiswaan
Yakinkan Peran Guru di Era Digital, BEM FKIP UMP Gelar Seminar Nasional
Selasa 17 Maret 2020      Kemahasiswaan
Yakinkan Peran Guru di Era Digital, BEM FKIP UMP Gelar Seminar Nasional

BEM FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyelenggarakan kegiatan seminar nasional dan MUSWIL IMAKIPSI Wilayah II Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Adapun tema seminar nasional yang diambil adalah “Digitalisasi Pendidikan di Era 4.0” dengan pembicara Dr H Muhdi SH MHum . Dia juga merupakan Ketua PGRI Jawa Tengah. Selain itu dihadirkan juga board director of iTELL Shelia Anjarani MPd.

Era yang semakin modern ini mengharuskan guru selalu mengupgrade ilmunya. Baik secara teori maupun praktik.

“Sehebat apapun digitalisasi, peran guru tidak bisa dihilangkan. Bahkan komponen terpenting dari pendidikan setelah kurikulum adalah guru. Hal ini karena peserta bukan robot melainkan manusia,” ujar Muhdi.

Banyaknya aplikasi digital nan modern dengan bertemakan pendidikan sudah dapat diakses dengan mudah, mulai dari website gratis hingga aplikasi berbayar. Adanya aplikasi-aplikasi tersebut telah membuat perubahan pada mindset sehingga menggeser pembelajaran secara langsung.

“Banyak orang tua zaman sekarang yang lebih memilih mendaftarkan anaknya untuk mengikuti kelas online. Dilihat dari fenomena tersebut, peran guru sudah mulai tergeser dengan aplikasi instan yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Maka dari itu, saya berhadap dengan adanya acara MUSWIL IMAKIPSI ini dapat memberikan solusi bagaimana kita menghadapi pendidikan di era 4.0 ini,” Saefurrohman, Ph.D yang juga wakil dekan I FKIP. (bet/dan)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait