Kemahasiswaan
Kuliah Keagenan, Mahasiswa UMP Ditarget Laba Rp 1 Juta
Selasa 17 Maret 2020      Kemahasiswaan
Kuliah Keagenan, Mahasiswa UMP Ditarget Laba Rp 1 Juta

Kuliah kewirausahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMP di semester 6 telah dimulai. Para mahasiswa mendapatkan mata kuliah kewirausahaan tentang keagenan.

Mata kuliah ini bentuk lanjutan dari mata kuliah sebelumnya yaitu kewirausahaan retail. Mata kuliah ini terdiri dari teori dan praktik. Saat praktik, mahasiswa akan dipantau langsung oleh asisten dosen yang bertugas.

“Ini kali pertama saya melakukakn survey, untuk mengecek barang-barang apa yang mereka jual, dimana tempat berjualannya, siapa yang menjualkan, dan lain sebagainya. Survey juga dilakukan sebagai bentuk laporan kepada dosen pembimbing. Kegiatan ini akan dilakukan satu minggu sekali. Keseluruhan asisten dosen yang ditugaskan untuk kewirausahaan keagenan ini ada 12 orang,” tutur fais, salah satu asisten dosen.

Perkuliahan keagenan diawali dengan kelas besar, yaitu dengan mengumpulkan seluruh mahasiswa FEB untuk pembekalan teori tentang keagenan yang kemudian dilanjutkan pembentukan kelompok.

Perkuliahan keagenan akan berjalan selama satu semester. Adapun target yang harus dicapai oleh setiap mahasiswa yaitu memperoleh laba bersih minimal Rp 1 juta, dengan modal awal Rp 750 ribu.

“Perkuliahan kewirausahaan keagenan ini sudah mulai pembekalan dari bulan Februari, nanti berakhir di bulan Juli sebelum UAS,” kata Fais.

Tujuan perkuliahan kewirausahaan ini adalah terciptanya jiwa kewirausaan. Mahasiswa dapat memahami bagaimana alur membangun bisnis yang besar, dan mahasiswa diharapkan mampu mendirikan usaha pribadinya setelah lulus dengan dasar teori yang sudah pernah dipelajari. (bet/tgr)

Berita Terkait

Tidak ada artikel terkait